Selasa, 19 Februari 2013

Enakan Baca Koran Online

Ya, saya merasa lebih enak membaca koran lewat internet (online) daripada harus membeli koran secara fisik (koran cetak) yang dijual di warung, loper koran dan sebagainya. Koran yang dimaksud adalah koran edisi harian yang selalu mengabarkan berita dan informasi baru setiap harinya dan biasa dijual di pagi hari.  Sekarang dengan kemajuan di bidang IT serta dukungan internet yang bisa mencapai berbagai kota di Indonesia. Dan itupun saya rasakan sekarang bahwa media yang sampai sekarang masih eksis menerbitkan koran cetak setiap hari juga merambah dunia koran online (istilahnya ePaper). 

Kemudahan berupa akses terbuka dan gratis akan koran online membuat saya ketagihan dan lupa terhadap koran cetak. Koran online yang ditampilkan ke user dibuat sama dengan koran yang mereka terbitkan secara cetak setiap hari. Koran online juga bisa kita baca juga edisi sebelumnya yang belum sempat kita baca (jika disediakan fitur "baca edisi sebelumnya). Sehingga konsumsi pertama dalam kegiatan online saya pastinya tidak akan ditinggalkan yaitu membaca koran online.

Nah, ePaper atau koran cetak yang di-onlinekan banyak dilakukan oleh media cetak di Indonesia. Mereka ada yang langsung bisa diakses tanpa daftar seperti ePaper dari koran Banjarmasin Post dan Metro Banjar serta koran-koran yang berada di bawah naungan Tribunnews.


Sedangkan ada juga mengharuskan user mendaftar untuk dapat mengakses ePaper seperti Republika, Kompas, Pikiran Rakyat, dan lain-lain.

 
Akhirnya, enakan baca koran online juga ya, karena gratis diakses (bagi yang menyediakan gratis), konten yang sama dengan koran cetak yang biasa dibaca, dan dapat berita/informasi yang bermanfaat pula.

Enakan Baca Koran Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: