Senin, 05 Maret 2012

Pengetahuan Seputar Baterai Notebook

Baterai Notebook - Laptop
Berikut ini merupakan pengetahuan seputar baterai notebook atau biasa laptop.
  • Rajin-rajinlah melakukan defrag harddisk, karena proses defrag membantu pengaturan data menjadi lebih efisien. Yang artinya, harddisk akan bekerja lebih cepat dalam mencari file, dan lebih sedikit membutuhkan daya. Efeknya memang sangat minim sekali, tapi setidaknya bisa turut berpartisipasi dalam menghemat baterai.
  • Level brightness di notebook juga bisa berperan dalam menghemat baterai. Semakin terang layar, semakin banyak menghabiskan daya. Buat yang malas melakukannya lewat Windows Mobility Center, anda bisa melakukannya lewat kombinasi tombol tertentu di notebook. Setiap notebook mempunyai kombinasi berbeda-beda. Contohnya: Acer Aspire 4253 saya mempunyai pengaturan tombol Fn + panah kiri (untuk cerah) dan Fn + panah kanan (untuk redup).
  • Mematikan suara dan screen saver juga dipercaya bisa menghemat baterai.
  • Membuka aplikasi terlalu banyak saat menggunakan baterai juga salah satu hal yang bisa menyedot baterai. Agar lebih hemat, jalankan satu atau dua aplikasi saja sekaligus. Selain itu, aplikasi yang terkenal berat seperti pengolah grafis atau bahkan game, menyedot daya lebih banyak apabila dibandingkan dengan aplikasi office.
  • Kalau cara berikut ini jelas butuh biaya, sebab anda harus menambah RAM. Pada sistem yang memiliki RAM sedikit, otomatis akan lebih sering memanfaatkan virtual memory yang notabene mengambil dari harddisk. Semakin sering sistem membaca virtual memory, maka harddisk akan lebih banyak bekerja, dan daya yang dibutuhkan semakin banyak. Sementara bila RAM-nya lebih dari cukup, sistem akan memanfaatkan RAM dan lebih sedikit menggunakan virtual memory. Yang artinya, kerja harddisk tidak terlalu banyak. Dan lagi antara daya yang dibutuhkan RAM dan harddisk, lebih besar harddisk.
  • Banyak pengguna yang tidak sadar, saat menggunakan notebook, softcase-nya tetap dipakai untuk menutupi permukaan luar notebook. Hal ini tidak baik, karena bisa menghalangi sirkulasi udara panas yang keluar dari notebook, serta bisa berpengaruh terhadap umur baterai.
  • Masih ada kaitannya dengan panas, jangan pernah menaruh notebook di bawah sinat matahari langsung atau ditaruh di dalam mobil yang diparkir di area terbuka. Temperatur tinggi merupakan musuh dari segala komponen elektronik.
  • Trik ini berlaku hanya untuk notebook yang menggunakan baterai jenis Ni-MH yang biasa terdapat di notebook keluaran lama. Ada sebuah problem bernama memroy effect, yang berkaitan dengan kehilangan daya charge akibat proses charging yang setengah-setengah. Atau dengan kata lain, baterai baru habis setengah, tapi sudah di charge lagi. Problem ini bisa diatasi dengan cara menghabiskan daya baterai secara total, lalu di charge lagi hingga penuh total.
  • Mengganti driver hardware juga dipercaya bisa turut menghemat penggunaan baterai. Karena pada umumnya, driver baru dirancang untuk lebih efisien dan lebih sedikit memakan daya.
  • Pastikan anda menggunakan adaptor asli atau pengganti, tapi yang spesifikasinya sesuai. Ketidaksesuaian spesifikasi bisa mengakibatkan overload, merusak baterai, bahkan merusak notebook.
  • Jika anda berencana untuk tidak menggunakan notebook dalam jangka waktu cukup lama, pastikan baterai sudah terisi sekitar 40%. Setelah itu, copot baterainya dari notebook, dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.
Catatan:  Ni-MH atau juga dikenal dengan Nickel Metal Hydride cell adalah sejenis sel elektrokimia sekunder yang sama dengan sel nickel hydrogen. Pada baterai Ni-MH menggunakan logam penyerap hidrogen yang berfungsi sebagai elektroda negatif. Bila dibandingkan dengan nickel cadmium, NiMH memiliki kapasitas tiga kali lebih besar. Tapi bila dibandingkan dengan lithium ion, nilai energinya lebih rendah.

Pengetahuan Seputar Baterai Notebook Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

2 komentar:

Gaptek mengatakan...

Aku memakai bateerai NB neh seharian,,

Habis ces sambil hidupkan alhasil setahun pemakaian jebol dah baterenya,, :)

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

@gaptek: bujur jua, pemakaian kita aja lagi yg patut dperhatikan hehe