Senin, 05 Desember 2011

Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI

Lembaga legislatif DPD atau Dewan Perwakilan Daerah yang diisi oleh anggota-anggota DPD yang dipilih dari provinsi-provinsi di Indonesia. Setiap provinsi diwakili oleh 4 orang. Anggota DPD merupakan orang-orang independen (non-partai) yang berasal dari tokoh-tokoh masyarakat dengan latar belakang seperti pengacara, guru, ulama,  pengusaha, ormas, dan ada juga mantan birokrat seperti gubernur, bupati, walikota, anggota TNI/Polri.

Hadirnya lembaga DPD memiliki peranan penting dan strategis dalam sistem kelembagaan negara bersifat dua kamar (dengan DPR) yaitu membangun prinsip saling mengawasi dan mengimbangi baik dalam lembaga legislatif itu sendiri maupun dengan lembaga legislatif. Sebagai penyeimbang, DPD diharapkan dapat mengawal pelaksanaan otonomi daerah dan menjadi perantara kepentingan pusat dan daerah, sehingga menciptakan kesejahteraan daerah yang berkeadilan dan berkesetaraan.

"Andai saya menjadi Anggota DPD RI" (diambil dari http://lomba.dpd.go.id/)
Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI, saya akan membawa visi dan misi saya unutk memajukan daerah/provinsi dimana saya terpilih dan mewakili untuk menjadi anggota DPD RI. Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI terpilih dari provinsi Kalimantan Selatan, visi dan misi saya adalah, sebagai berikut:
  1. Pengelolaan sumber daya alam yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan. Sumber daya alam yang dimiliki Kalimantan Selatan sangat banyak dan perlu dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Dan masyarakat Kalimantan Selatan sendiri-lah yang harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Ini juga dimanfaatkan sebagai lapangan kerja bagi masyarakat Kalimantan Selatan.
  2. Melestarikan budaya daerah sebagai ciri khas daerah. Kalimantan Selatan mempunyai budaya dan tradisi yang kuat dipegang oleh masyarakat. Seni dan budaya tersebut menarik untuk dijadikan sebagai ciri khas daerah dan banyak orang penasaran akan sebuah namanya seni dan budaya tersebut. Dengan mendukung berbagai festival atau pesta kebudayaan dan semacamnya untuk diadakan di Kalimantan Selatan bisa menjadikan faktor penarik minat wisatawan sebagai peningkatan ekonomi masyarakat selain tujuan utama yaitu melestarikan seni dan budaya.
  3. Memanfaatkan masa reses untuk penyerapan aspirasi masyarakat Kalimantan Selatan. Dimana penyerapan aspirasi masyarakat tersebutlah, anggota DPD mengetahui apa yang diinginkan oleh masyarakat dan memperjuangkannya dengan menjadikan sebuah peraturan dan kebijakan.
Sebuah kebahagian tersendiri dengan menjadi perwakilan masyarakat dan membantu menyuarakan keinginan masyarakat yang ingin sejahtera. Suara rakyat yang disampaikan juga harus di dengarkan oleh pemerintah daerah (gubernur, bupati) sebagai eksekutif untuk dapat diketahui dan dijalankan. Dan Anggota DPD RI mengawasi apa yang telah disampaikan dan diinginkan masyarakat tersebut sudah dilaksanakan atau belum.

Tantangan menjadi seorang Anggota DPD RI memang besar. Banyak masyarakat masih menganggap Anggota DPD RI sama dengan Anggota DPR RI itu juga dari partai politik, padahal itu tidak, Anggota DPD RI berlatar belakang non partai politik. Anggapan masyarakat itulah yang harus bisa ditepis dengan memberikan informasi yang benar dan akurat pada saat kampanye. Dengan begitu, masyarakat dapat bisa mengerti dan memberikan hak pilihnya.

Semoga dengan jalan ini yaitu seandainya saya menjadi Anggota DPD RI, merupakan cita-cita luhur untuk memajukan daerah saya itu Kalimantan Selatan. Sehingga, dengan majunya daerah juga memajukan negara Republik Indonesia.

Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

10 komentar:

Taman Bacaan mengatakan...

kalau saya mah, mendukung saja
asal ngak korupsi


hehehehe

Didno mengatakan...

semoga menang lombanya ya...

Sandi Prayoga mengatakan...

Wah sungguh detail cita2nya :D
Luar biasa via seandainya saya menjadi anggota dpd ri

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

@taman bacaan: hehe... yah korupsi perlu dihindari,semoga semuanya bisa menghindari dr korupsi

@didno: makasih atas doanya dan dukungannya

@sandi prayoga: yup, cita-cita harus dibuat baru dilaksanakan, yah kalo diberikan nyalon jd anggota DPD hehe

arief maulana mengatakan...

wah ikutan lomba SEO ya. Semoga menang mas. Dan semoga jadi anggota DPD beneran :p

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

@arief maulana: yup mas, makasih mas dukungannya, cuma mau nambahin posting aja sekaligus kalo beruntung aja menang hehe

wah kalo jadi anggota DPD masih belum mungkin neh, ga ada dukungan banyak hehe

Ewa Kartins mengatakan...

Semoga bener2 didengar aspirasi kita- kita ini.

Terapi qolbu mengatakan...

ada banyak jalan dalam melayani orang lain, DPD diantaranya, kata orang bijak: berpikirlah seperti langit( baca luas dan tidak memihak), dan bertindaklah seperti bumi (baca : tegas dan jelas, di tanam jagung di tumbuhkan jagung, di beri padi di kembalikan padi)

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

Amin, semoga!!

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

makasih mas udah nambahin... semoga bermanfaat untuk yg lain