Selasa, 06 Desember 2011

Mencari Database Desktop di Delphi 2010 (Bagian 2-Terakhir)

Pada postingan sebelumnya, mencari Database Desktop dilakukan dengan menelusuri folder di disk tempat Delphi 2010 terinstall. Nah, kali ini bagaimana memunculkan Database Desktop saat kita lagi menjalankan aplikasi Delphi 2010.

1. Jalankan aplikasi Delphi 2010, biasanya pada Delphi 7 terdapat pada menu Tools lalu Database Dekstop. Tapi, di Delphi 2010, Database Desktop belum dimasukkan pada aplikasinya. Seperti gambar di bawah ini, saat kita buka menu Tools Database Desktop-nya tidak ada. Untuk memunculkan Database Desktop kita klik pada menu Tools yaitu Configure Tools. Seperti gambar dibawah ini.
Menu Tools yang tidak ada Database Desktop

2. Pada saat menu dialog Tools Options muncul, pilih Add. Seperti gambar di bawah ini.
menu dialog Tools Options

3. Pada menu dialog Tools Properties muncul, pilih Browse untuk menemukan Database Desktop. Seperti gambar di bawah ini.
pilih Browse untuk mencari Database Desktop

4. Cari Database Desktop tadi di folder CodeGear Shared yang terletak di disk C (misalnya) tempat Delphi 2010 terinstall. Seperti gambar di bawah ini.
Database Desktop di folder CodeGear Shared

5. Setelah itu isi pada Tools Properties-nya yaitu title yang kita tulis "Database Dekstop" dan klik OK. Seperti gambar di bawah ini.
Lengkapi Title pada Tools Properties

6. Nah, setelah muncul di Tools Options yang kita cari itu yaitu Database Dekstop, lalu kita Close. Seperti gambar di bawah ini.
Akhirnya bisa deh memunculkan Database Desktopnya

7. Cek lagi di menu Tools, sudah ada kan Database Desktop-nya. Seperti gambar di bawah ini.

Mencari Database Desktop di Delphi 2010 (Bagian 2-Terakhir) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

2 komentar:

Untung Simpati B. mengatakan...

manggil databasex bisa gk di delphi 2010 ?

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

@untung: bisa di panggil databasenya di delphi 2010..