Sabtu, 01 Oktober 2011

AMD Fusion:Chip dengan Tiga Kemampuan

Untuk menyaingi  Intel Atom, AMD juga mengembangkan sebuah teknologi yaitu mengembangkan sebuah Chip dengan Tiga Kemampuan berbeda. Teknologi baru AMD ini dikenal dengan istilah APU (Accelerated Processing Unit). Teknologi ini intinya menggabungkan processor, chipset, hingga GPU (Graphic Processing Unit) dalam satu chip.

Walaupun telah didahului kompetitornya, Intel dalam penggunaan teknologi processor pada Intel Atom. Tetapi, keterlambatan AMD juga membawa keuntungan bagi mereka. Keuntungan tersebut adalah penyempurnaan teknologi secara maksimal meskipun dengan waktu yang lama, selain itu juga dapat melihat kelemahan kompetitor sehingga dapat mencari celah agar bisa lebih unggul baik dari segi harga ataupun performa.

Apa saja yang membuat teknologi baru AMD ini diperhitungkan? Tanpa terlebih dahulu mempedulikan performanya, secara logika kita dapat menyimpulkan bahwa mengintegrasikan processor, chipset dan GPU dalam satu chip dapat memberikan tingkat efisiensi yang tinggi. Selain itu, konsumsi daya yang digunakan otomatis lebih kecil dibandingkan jika processor, chipset dan GPU berdiri sendiri-sendiri.

AMD pun memberikan istilah komersial pada teknologi APU dengan nama "AMD Fusion". Dan kedepannya, AMD akan mengembangkan seri APU yang lain, dengan arsitektur Bobcat dan K10. Bobcat sendiri merupakan kode nama yang digunakan AMD untuk nama core processor berbasiskan arsitektur x86. Sementara, K10 adalah arsitektur yang merujuk pada processor keluarga 10h sebagai penerus keluarga 0Fh.

Kelebihan AMD Fusion:

  • Smaller. AMD Fusion menggunakan sebuah konsep gabungan dua fungsi yang berbeda, yaitu CPU dan GPU dalam satu silicon die. Maksudnya, hanya sedikit space yang digunakan board sehingga memungkinkan untuk membangun form factor yang ringkas, modern dan stylish.
  • Smarter. AMD Fusion mempunyai ukuran kecil tetapi tidak berarti dengan ukuran kecil kemampuannya juga kecil. Arsitektur x86 dengan dual core processor memungkinkan ia dapat memproses lebih cepat dan peningkatan kemampuan multi-tasking. Ditambah juga dengan kemampuan media management dan energy management telah tertanam dalam processor ini.
  • Faster. AMD Fusion menawarkan kecepatan access serta hardware acceleration untuk me-render aplikasi di website dengan cepat, khususnya pada saat load image atau video.
  • Sharper. AMD Fusion menyediakan peningkatan kualitas dari standar definition ke high definition video, seperti color correction, sharpness compensation, dan motion stabilization.
Sekarang, AMD APU tersedia dalam tiga jenis untuk platform Brazos, yaitu Zacate, Ontario, dan Desna. Zacate diperuntukkan sebagai sistem desktop. Sedangkan, Ontario dan Desna lebih diperuntukkan sebagai sistem untuk mobile. Namun, kenyataannya Zacate digunakan juga pada sistem mobile.

Sekarang, platform Brazos, Lynx, dan Sabin telah dirilis. Kemungkinan, selanjutnya platform Deccan, Virgo, dan Comal akan segera menyusul untuk dirilis. Walaupun serinya masih dirahasiakan, kemungkinan akan digandeng GPU dari keluarga Northern Island.

Platform AMD Fusion
Intel Atom vs AMD Fusion
Kelebihan pada kedua platform tersebut adalah konsumsi dayanya yang cukup rendah. Sedangkan, kemampuan processor Intel memang lebih unggul untuk seri D525. Tetapi, AMD memiliki kelebihan dalam hal pengolahan grafis karena ditanam HD 6310 yang lebih baik daripada grafis milik Intel.

Perbandingan Spesifikasi Intel Atom dengan AMD Fusion
AMD Fusion

*diolah dari sumber => PC Media

AMD Fusion:Chip dengan Tiga Kemampuan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

4 komentar:

Anonim mengatakan...

ijin nanya nih gan, pada seri eee 1215b proc amd c50 itu teknologinya udah APU??

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

@anonim: maksudnya notebook Asus Eee PC 1215B kan,kalo yg dimaksudkan Asuss Eee PC 1215B itu memang teknologinya APU juga.

Arjun mengatakan...

Thanks infonya, jadi kesimpulannya dari kelebihan dan kekurangan keduanya, lebih baik milih AMD ya bro..?

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

saya memilih AMD krna kelebihan di grafisnya dibandingkan Intel...