BLANTERORBITv102

    Mengenal Bahasa Pemrograman Delphi

    Minggu, 13 November 2011
    Pada semester 5 ini saya mengambil mata kuliah Pemrograman Visual (PemVis), sebenarnya mata kuliah ini tercatat di semester 3, tetapi baru semester inilah saya mengambilnya. Di Pemrograman Visual sendiri dipelajari bahasa pemrograman yaitu Delphi. Sebenarnya dosen memakai versi Delphi 7, tapi sebagian besar mahasiswa ada yang memakai Delphi 2010.

    Mengenal Bahasa Pemrograman Delphi
    Delphi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berbasis IDE (Integrated Development Environment). Delphi adalah sebuah IDE compiler untuk bahasa pemrograman Pascal (emang ga beda jauh) dalam lingkungan pengembangan perangkat lunak (software). Delphi sendiri dulu dikembangkan oleh sebuah pengembang yaitu Borland. Nah, pada tahun 2006, Borland menyatakan akan melepas seluruh produk pengembangan aplikasi komputer termasuk Delphi. Untuk itulah divisi yang menangani Delphi yang namanya sama perusahaanya yaitu Borland, melepaskan diri dari Borland dan membuat perusahaan baru bernama CodeGear.

    Dan sekarang, Delphi menjadi bagian  dari perusahaan Embarcadero Technologies yang mengakuisisi CodeGear. Disebabkan CodeGear semenjak 2006 mengalami kerugian terus-menerus dan itulah yang membuat CodeGear dijual ke Embarcadero Technologies untuk menutupi kerugian tersebut.

    Delphi 2010 Home

    Delphi 2010
    Bahasa Pemrograman Delphi yang dikenal sebagai object Pascal yaitu Pascal yang berekstensi Pemrograman Berorientasi Objek (PBO/OOP). Mulanya Pascal hanya untuk Microsoft Windows, namun sekarang bisa dipakai di Linux.

    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN