BLANTERORBITv102

    Sejarah Twitter, Situs Microblogging Terkenal

    Minggu, 24 Juli 2011
    Twitter adalah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter.Inc. yang menawarkan jaringan sosial berupa microblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweets bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (dikenal dengan follower dan following). Semua pengguna dapat mengirim dan menerima tweets melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler, smartphone dan gadget lain), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Twitter.Inc berbasis di San Bruno, California dekat San Fransisco, Amerika Serikat, dimana situs ini kali pertama dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusets. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Sehingga, Twitter disebut sebagai "SMS dari Internet".


    Tampilan Awal Twitter.com



    Tampilan Akun Twitter

    Twitter memberikan kemudahan bagi pengguna gadget
    Logo Twitter
    Kemudahan perangkat gadget mobile membuat Twitter menjadi primadona dan mengimbangi kesuksesan Facebook dalam dunia jejaring sosial. Dukungan aplikasi pihak ketiga pun dikembangkan, sehingga Twitter dapat diakses lewat aplikasi diinstal tersendiri tanpa ke webnya yang penting terkoneksi internet. Misal TweetDeck yang saat ini telah dibeli Twitter.

    Boomingnya Twitter juga berdampak dengan pemakaian situs layanan pemendek URL (alamat lokasi). Terbatasnya post dalam Twitter yang hanya 140 karakter menuntut adanya penghematan kata-kata dalam mem-post. Dengan adanya URL yang pendek, sisa karakter bisa digunakan untuk kata-kata lain yang banyak. Situs pemendek URL contohnya adalah Bit.ly, Tinyurl, Tiny.cc, Pendek(situs buatan Indonesia) dan lain-lain.

    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN