BLANTERORBITv102

    KULIAH DI BULAN RAMADHAN

    Selasa, 01 September 2009
    Tidak terasa setelah menyelesaikan jenjang SMA, aku memasuki jenjang perkuliahan. Masuk kuliah merupakan keinginanku, ingin merasakan menjadi seorang MAHASISWA. Ya, lebih dewasa daripada murid SMA, lebih bertanggung jawab dan mungkin lebih segala-galanya.

    Tidak terasa juga bulan Ramadhan datang, kedatangan bulan Ramadhan pun terasa istimewa karena berbarengan aku masuk kuliah. Ya, bulan Ramadhan tahun ini pun aku lakukan di kota Banjarbaru bukan Barabai. Terasa sekali bagaimana jadi seorang mahasiswa, mulai dari buka puasa dan sahur tanpa keluarga, tidurnya sendiri, nyuci baju sendiri hingga mandi sendiri (hehe biasanya ga ditemani).

    Adaptasi pun harus aku lakukan untuk mengetahui seluk-beluk kota Banjarbaru. Mulai dimana pasar dan tempat makanan yang murah. Namanya mahasiswa baru, kesulitan pun aku dapati. Tersesat karena jalanya terlalu banyak belokan apalagi masuk kedalam komplek. Alamat ga bisa keluar dari komplek.

    Diawal-awal masa perkuliahan dimulai dengan P2B yang singkatannya Program Persiapan Belajar, diadakan untuk mengenalkan universitas kepada mahasiswa baru. Sehingga mahasiswa baru dapat mengenali lingkungan universitas tersebut.

    Dibulan Ramadhan ini, aku harus memulai kuliah, memang pastinya akan menguras stamina baik fisik maupun non fisik. Itulah tantangan yang harus dihadapi. Mudahan aku bisa mengatasinya. Butuh semangat dan tekad untuk meraih impian kita.

    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN