Rabu, 30 Desember 2015

Kota Banjarbaru, Salah Satu Destinasi Wisata di Kalimantan Selatan

Mengenal Kota Banjarbaru

Logo Kota Banjarbaru

Kota Banjarbaru merupakan salah satu kota di Provinsi Kalimantan Selatan yang berdiri pada tanggal 20 April 1999 setelah sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Banjar. Kota Banjarbaru memiliki 5 Kecamatan dan 12 Kelurahan serta menjadi pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan yang sebelumnya ada di Kota Banjarmasin. Banjarbaru akan menjadi salah satu Destinasi Wisata Kalsel patut dicoba bagi turis yang baru menginjakkan kakinya di Kalimantan Selatan.
Bandara Syamsudin Noor (Dok. Pribadi)

Banjarbaru adalah gerbang pertama bagi turis atau wisatawan yang mendatangi Kalimantan Selatan melalui jalur udara yang mendarat di Bandara Syamsudin Noor. Bandara ini terletak di Landasan Ulin, Banjarbaru dan berjarak tempuh sekitar 10 km (kurang lebih 20 menit perjalanan). Untuk menjelajahi kota Banjarbaru, wisatawan bisa menggunakan mobil atau sepeda motor sewa. Kota Banjarbaru sendiri merupakan kota penting di Kalimantan Selatan, selain menjadi kota pemerintahan bagi Provinsi Kalimantan Selatan. Banjarbaru merupakan kota Pendidikan dan kota Pelajar dikarenakan banyak fasilitas pendidikan yang menunjang.

Selain itu, Banjarbaru cocok untuk permukiman apalagi sekarang banyak pembangunan komplek perumahan dengan berbagai harga. Banjarbaru juga pantas bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pabrik berkapasitas besar karena akses dekat dengan pelabuhan dan bandara serta kota Banjarmasin.

Tempat Wisata di Kota Banjarbaru

Ada beberapa tempat wisata di Kota Banjarbaru yaitu:

1. Kota Citra Grha
Gerbang Masuk Kota Citra Grha

Kota Citra Grha adalah komplek perumahan besar dengan fasilitas yang lengkap. Mulai dari perumahan, tempat pusat belanja, ada juga menyediakan sekolah hingga tempat ibadah. Tempat wisata yang ditawarkan adalah Danau Wisata (biasa disebut Danau Apung) yang menyediakan rumah makan apung yang memberikan sensasi makan bersama keluarga, teman atau relasi di atas danau. Di sana anda bisa juga memancing ikan yang berada di danau serta bermain sepeda air bebek. Letak Kota Citra Grha berada di Jl. A. Yani Km. 17,5, Liang Anggang, Banjarbaru.
Danau Wisata atau Danau Apung (Dok. Pribadi)

2. Bundaran Liang Anggang
Bundaran ini terletak di Jl. A. Yani Km 19, Liang Anggang, dimana ini merupakan bundaran untuk menuju ke pelabuhan, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Tanah Laut. Bundaran ini terdapat dua tempat wisata sejarah yaitu Monumen Divisi IV ALRI dan Makam Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry.
Monumen Divisi IV ALRI (Dok. Pribadi)

Monumen Divisi IV ALRI dibangun untuk menghormati perjuangan tentara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Divisi IV bersama rakyat Kalimantan yang berjuang melawan Belanda di pulau Kalimantan. Monumen ini terdapat Tank Amfibi PT-76 dan meriam Howitzer kaliber 105mm serta jangkar. Semuanya merupakan hibah dari TNI AL.
Tank, Meriam dan Jangkar di Monumen (Dok. Pribadi)
Selain keberadaan tank, meriam, dan jangkar, pada monumen juga terdapat plakat berisi nama-nama pejuang yang berada di Divisi IV ALRI, selain plakat ini terdapat plakat peresmian monumen oleh KSAL Laksamana TNI Dr. Morestio . Berikut ini nama-namanya pada gambar dibawah.
Pejuang Divisi IV ALRI (Dok. Pribadi)
Selain monumen, terdapat juga makam pahlawan nasional yang berasal dari Kalimantan Selatan yaitu Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry. Beliau adalah komandan Divisi IV ALRI yang lahir di Kandangan tepatnya di Padang Batung pada tanggal 17 Juni 1923. Beliau meninggal dunia karena sakit di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, 15 Juli 1984 dan dimakamkan di bundaran Liang Anggang.

Beliau selain sebagai tokoh di bidang militer juga dikenal sebagai pendiri perguruan tinggi tertua di Kalimantan Selatan yaitu Universitas Lambung Mangkurat. Beliau dianugerahi gelar Pahlawan Nasional tanggal 3 November 2001 melalui Keppres RI No. 110/TK/TAHUN 2001.
Makam Pahlawan Nasional, Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry (Dok. Pribadi)

3. Padang Golf Swargaloka
Swargaloka Golf terletak di Jl. A. Yani Km. 24, Kelurahan Syamsudin Noor, Landasan Ulin, Banjarbaru. Swargaloka Golf merupakan lapangan golf yang ada di Banjarbaru, selain itu ada danau buatan.
Padang Golf Swargaloka (sumber foto: banjarmasin.tribunnews.com)
4. Museum Lambung Mangkurat
Museum Lambung Mangkurat adalah museum dibawah pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Letaknya di Kota Banjarbaru, tepatnya Jl. A. Yani Km. 36. Koleksi museum memang banyak, mulai dari foto zaman dulu, hingga barang peninggalan yang pernah dipakai oleh suku Banjar dan Dayak, serta peninggalan Kerajaan Banjar. Ada juga menampilkan ruangan sesuai bendanya, seperti ruang lukisan, ruang keramik dan lain-lain. Museum juga sering melakukan event-event tertentu yang diadakan disana, seperti acara wayang, pertunjukan seni budaya Banjar hingga baayun maulid untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Museum Lambung Mangkurat (sumber foto: pegipegi.com)

5. Danau Seran
Danau Seran terletak di Guntung Manggis, letaknya memang jauh dari perkotaan dan membutuhkan banyak waktu jika anda kurang menguasai daerah kota Banjarbaru. Danau ini termasuk luas dengan banyak tempat bernaung. Danau ini merupakan lahan bekas penggalian intan/emas dari perusahaan PT. Galuh Cempaka. Jika anda kesana pasti akan melihat bekas bangunan pabrik dan danau-danau kecil (bekas penggalian).
Danau Seran (Dok. Pribadi)
6. Mustika Dunia Fantasy
Papan Penunjuk ke Mustika Dunia Fantasy (Dok. Pribadi)
Mustika Dunia Fantasy terletak di Jl. Gubernur Subardjo, Kelurahan Landasan Ulin Barat, Kecamatan Liang Anggang. Ketika anda berada di Jl. Gubernur Subardjo menemukan papan penunjuk Mustika Dunia Fantasi, maka anda bisa menuju masuk ke dalam dengan jarak 1,4 km sampai anda menemukan gerbang tempat wisata ini.
Gerbang Masuk Mustika Dunia Fantasy (Dok. Pribadi)
Tempat ini adalah wisata rekreasi dengan beberapa fasilitas yaitu Bianglala, Perahu Columbus/Kora-Kora, Kereta Kuda/Carousel, Arena Bom-Bom Car, Sepeda Air, Kereta Api, Kolam Dewasa, Speed Racing Slide, Ban Slide Merah, Kolam Arus, Kolam Anak, Kid Water Playset, Baby Slide, Payung/Cawan Air, dan Funmily Slide. Untuk tiket masuk yaitu : Senin-Jumat Rp 30.000,- dan Sabtu, Minggu dan Hari Libur Rp 50.000,-.

7. Lapangan Dr. Murjani
Lokasi terletak di Jl. Panglima Batur, tepatnya di seberang kantor Pemerintahan Kota Banjarbaru. Sering juga disebut Alun-Alun Kota Banjarbaru, di tempat ini mempunyai lapangan sepakbola bersama lapangan berlapis aspal. Lapangan sepakbola sering dipakai untuk kegiatan olahraga terutama sepakbola. Sedangkan lapangan aspal sering dipakai untuk kegiatan pameran hingga olahraga sepeda motor balap. Trotoar di lapangan Dr. Murjani jika anda mengunjunginya sore hari sering menemui penjual-penjual makanan dan tempat nongkrong yang cocok bagi anda.
Lapangan Murjani saat ada acara Gelar Kreatifitas Banjarbaru 2015 (Dok. Pribadi)

8. Taman Van Der Pijl
Taman ini terletak di Jl. A. Yani Km 34,5 dengan tepat di pusat kota Banjarbaru. Taman ini mempunyai banyak fasilitas bermain dengan beberapa pohon besar yang cocok untuk tempat berteduh.
Taman Van Der Pijl (Sumber Foto: Kompasiana)

9. Pendulangan Intan Cempaka
Lokasi pendulangan ini terdapat di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. Di tempat tersebut, para pendulang membuat kedalaman lobang mencapai 15 meter. Lalu dengan memakai alat yang bernama linggangan, yang bentuknya kerucut terbalik dari kayu. Untuk membersihkan hasil dari mendulang maka digunakan pompa air listrik untuk mencuci dari air yanng didapatkan ditempat tersebut. Dalam mendulang, pekerjaan ini dilakukan secara berkelompok 10-15 orang.
Pendulang di Tempat Pendulangan, Cempaka (Sumber: oldlook.indonesia.travel)
10. Kota Citra Mitra City
Pengembang properti terkemuka di Indonesia, Ciputra Group kembali membuat proyek besar mereka di Kalimantan Selatan setelah Citraland di Banjarmasin, yaitu Citra Mitra City di Banjarbaru. Lokasinya terletak di Palam, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru. Lokasinya mudah dekat dengan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Nah, ada Taman Origami yang bisa menjadi spot anda untuk bersantai jika berliburan disini.
A photo posted by CitraMitraCity.Banjarbaru (@citramitracity.banjarbaru) on
Selain itu di tempat ini ada patung kuda sebagai hiasan untuk mempercantik jalan.
A photo posted by CitraMitraCity.Banjarbaru (@citramitracity.banjarbaru) on
Bagi yang ingin mendapatkan pembelajaran tentang cara berkebun dan beternak, Citra Mitra City juga menyediakan wisata edukasi.
(Catatan: Foto di Kota Citra Mitra City diambil dari Instagram @citramitracity.banjarbaru.

11.  Kebun Raya Banua
Masyarakat Kalimantan Selatan patut berbangga, karena kita tidak perlu jauh-jauh lagi untuk ke Kebun Raya Bogor, karena di Banjarbaru sudah dibangun Kebun Raya Banua sejak tahun 2013. Kebun Raya Banua ini mempunyai luas 100 ha terletak di kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru. Dengan adanya Kebun ini kita bisa menjadikannya sarana belajar tanaman yang ada di Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan. Kebun ini dikelola oleh UPT Kebun Raya Banua.
Gerbang Masuk Kebun Raya Banua (Dok. Pribadi)
12. Q Mall Banjarbaru
Banjarbaru juga mempunya mall yang bernama Q Mall yang letaknya di Jl. A. Yani Km. 36,8. Mall ini didirikan oleh pengusahan asli Kalimantan Selatan yaitu H. Nurhin (Tulisan saya tentang Q Mall bisa anda baca juga di BloggerBanua). Q Mall didirikan sejak tahun 2012 sekarang sudah mengalami perkembangan pesat dengan banyaknya tenant-tenant yang melengkapi. Selain itu dilengkapi juga hotel bagi yang ingin menginap di Kota Banjarbaru, yaitu Q Hotel Grand Dafam Syariah. Jadi, lengkap sudah anda bisa menginap sekaligus berbelanja di satu tempat.
Main Atrium Q Mall Banjarbaru (Dok. Pribadi)

Potensi Pengembangan Wisata di Kota Banjarbaru
Kota Banjarbaru mempunyai potensi besar dalam bidang wisata yaitu MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions). Ya, Banjarbaru menurut saya sangat cocok untuk mengadakan event-event berkapasitas nasional. Event yang sering diadakan selama ini adalah ekshibisi, pameran, pertunjukan musik, seni dan budaya. Untuk berkaitan dengan MICE sering terkendala dengan ruang konvensi dan pameran untuk kapasitas 5.000 orang (seperti dijelaskan di media online). Maka dari itu, kendala tersebut bisa diatasi dengan masih banyaknya lahan untuk membuat gedung yang berkapasitas besar, tinggal inisiatif Pemerintah Kota bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat.

Potensi wisata pada Kota Banjarbaru inilah yang coba didukung oleh Saya, Banjarmasin Post dan Garuda Indonesia. Partisipasi yang dilakukan adalah saya akan mendukung wisata Kota Banjarbaru dengan menulis di blog tentang destinasi wisata yang lagi seru di Banjarbaru. Banjarmasin Post sebagai media terbesar di Kalimantan Selatan selalu  memberitakan destinasi wisata di Kalimantan Selatan melalui koran dan websitenya. Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan terbaik di Indonesia mendukung potensi wisata Kota Banjarbaru dan Destinasi Wisata Kalsel lainnya melalui majalah yang ditempatkan di pesawat mereka dan ketersediaan rute penerbangan dari kota besar ke Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin.


lomba blog wisata kalsel
Artikel Ini Diikutsertakan dalam Wonderful South Borneo BlogContest

Kota Banjarbaru, Salah Satu Destinasi Wisata di Kalimantan Selatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

1 komentar:

yelpindonesia mengatakan...

setuju deh sama kamu dan juga sepakat serta mufakat. terima kasih untuk blogwalking nya. sangat bermanfaat tulisan ini.
omegle indonesia
soundclound indonesia
Yelp indonesia
askfm indonesia
fanpage indonesia