Tugas Makalah Sistem Informasi

BAB 1

PENDAHULUAN


1. Latar Belakang

Sistem Informasi merupakan mata kuliah Ilmu Komputer semester 5 dengan kredit sks yaitu 3. Sistem informasi diajarkan untuk memberikan tentang teori sebuah sistem yang dibangun berkaitan dengan informasi dan komunikasi. Sehingga, mahasiswa mengetahui seluk-beluk konsep yang diberikan oleh Sistem Informasi.

Sistem informasi yang merupakan gabungan kata dari sistem dan informasi. Selain itu, pembahasan sistem informasi juga berkaitan hal dengan manajemen dan database.

Oleh karena itulah, makalah ini akan membahas konsep-konsep dasar dalam mempelajari sistem informasi. Sehingga didapatkan ilmu baru yaitu sistem informasi dan mengetahui konsep-konsep yang diberikan dan jelas dalam mengaplikasikan pada program-program Ilmu Komputer.

2. Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang dibahas pada makalah ini:

a. Konsep dasar sistem

b. Konsep dasar informasi dan sistem informasi

c. Konsep sistem informasi manajemen

d. Komponen sistem manajemen

e. Sistem manajemen database

3. Tujuan

Tujuan makalah ini dibuat untuk mengetahui konsep-konsep pada sistem infotmasi dan bisa mengaplikasikan pada program-program Ilmu Komputer.

BAB 2

ISI



1. Konsep Dasar Sistem

Konsep dasar sistem mempunyai pengertian berbeda-beda diberbagai bidang yang berkaitan. Meskipun istilah sistem yang digunakan bervariasi, semua sistem pada berbagai bidang itu mempunyai bagian-bagian penting dalam pembentukan sistem, yaitu sistem harus mempunyai elemen, lingkungan, interaksi antar elemen, interaksi antara elemen dengan lingkungannya, dan yang terpenting adalah sistem harus mempunyai tujuan yang akan dicapai.

Sistem mempunyai pengertian sebagai berikut adalah sebagai seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan yang lainnya untuk tujuan bersama. Dengan gabungan elemen inilah terbuat sistem yang menunjang untuk membantu aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Elemen sistem terdiri dari manusia, mesin, prosedur, dokumen, data, dan elemen-elemen lain yang telah diorganisir. Elemen sistem disamping berhubungan satu sama lain, juga berhubungan dengan lingkungannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Terdapat beberapa definisi system yang dikemukakan oleh para ahli yaitu :

Gordon B. Davis ( 1984 ) :

“ Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud “.

Raymond Mcleod (2001) :

“ Sistem adalah himpunan dari unsur-unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu “.

2. Konsep Dasar Informasi dan Sistem Informasi

Ketika kita menonton acara berita di televisi itu merupakan penerimaan informasi yang diberikan lewat media televisi. Jadi, informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih bermanfaat dan lebih berarti bagi penerimanya yang memberikan gambaran suatu kejadian-kejadian nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

Sumber berasalnya informasi adalah data. Data diambil dari kejadian-kejadian nyata yang didapatkan. Lalu, data yang diolah supaya dapat menjadi informasi yang dapat diterima oleh penerima. Terdapat dua tindakan yang ada dari informasi yaitu hasil tindakan yang menjadikan itu sebuah informasi dan keputusan tindakan yang dibuat oleh penerima.

Sistem informasi mempunyai pengertian sebagai berikut yaitu sistem yang menyediakan informasi bagi penggunanya. Sistem informasi digunakan untuk menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengomunikasikan informasi yang didapatkan.

Sistem informasi harus mempunyai beberapa sifat yang memudahkan yaitu, pemrosesan informasi harus efektif, manajemen informasi yang efektif, keluwesan informasi dan kepuasan pengguna akan informasi.

3. Konsep Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen merupakan pengaplikasian sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. Sistem informasi manajemen dibuat dari kumpulan interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang bermanfaat untuk semua tingkat manajemen didalam semua kegiatan.

Dalam sistem informasi manajemen terdapat tingkatan manajemen yang mendapatkan informasi yaitu manajemen tingkat bawah, manajemen tingkat menengah dan manajemen tingkat atas. Dibaginya tingkatan dalam sistem informasi manajemen membuat kemudahan dalam mengelola informasi sehingga terkoodinir baik dan bagus.

Perlu diketahui sebuah sistem informasi manajemen yang dibangun dan diolah bukanlah sekedar suatu perkembangan teknologi. Tetapi perkembangan dalam organisasi (berkaitan erat dengan manajemen) dan manusia sebagai pembuat informasi. Paham akan konsep-konsep yang berhubungan dengan informasi, pemakaian informasi dan nilai informasi digabungkan dengan pemahaman akan konsep-konsep manajemen organisasi sehingga menjadikan sebuah pemahaman utuh.

4. Komponen Sistem Informasi Manajemen

Komponen sebuah sistem informasi manajemen dibentuk dari:

a. Hardware

b. Software

c. Database

d. Prosedur

e. Petugas Operasi


5. Sistem Manajemen Database

Sebuah sistem yang dibuat dan diolah untuk mengelola suata database dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna. Database sendiri berarti objek kompleks untuk menyimpan informasi yang terstruktur yang diorganisir untuk dibagikan.

Sistem manajemen database merupakan sistem yag dirancang untuk dapat melakukan utilisasi dan mengelola koleksi data dalam jumlah yang besar serta bisa melakukan manipulasi data secara lebih mudah. Penyimpanan data dalam bentuk sistem ini mempunyai banyak manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan penyimpanan dalam bentuk flatfile (file teks yang ada pada sistem operasi) atau spreadsheet.


BAB 3

PENUTUP


 1. Kesimpulan

Semua konsep yang dijelaskan diatas telah dipaparkan, kesemuaan dari konsep tersebut membahas sebuah sistem yang dihubungkan dengan bidangnya yaitu informasi, manajemen dan database.

Informasi, manajemen dan database ketiga bidang itulah yang dihubungkan dan dibahas pada makalah ini. Dengan hubungan itu menghasilkan bahwa informasi, manajemen dan database bisa menjadi sistematika dan struktural dalam pengembangan suatu keilmuan.

Dukungan ilmu sistem informasi, sistem manajemen dan database bisa menguntungkan kegiatan dunia komputer.

DAFTAR PUSTAKA



http://robby.c.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7637/KONSEP+DASAR.ppt

diakses pada tanggal 19 Oktober 2011



http://www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2008/08/sim.pdf

diakses pada tanggal 19 Oktober 2011



http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_basis_data

diakses pada tanggal 20 Oktober 2011