Rabu, 12 Oktober 2011

Google Doodle: Art Clokey`s Birthday

Semangat Pagii!!!!
Di pagi hari ini, iseng-iseng buka Google, eh ternyata ada Google Doodle nih. Lalu, Google sedang memperingati peristiwa apa? Ternyata Google memperingati ulang tahun Art Clokey. Siapa itu Art Clokey?

Google Doodle Art Clokey`s Birthday
Art Clokey yang mempunyai nama lengkap Arthur Clokey lahir di Detroit, Michigan 12 Oktober 1921 dan meninggal pada usia 88 tahun tanggal 8 Januari 2010 setelah menderita infeksi kandung kemih. Art Clokey sendiri adalah penggagas dalam mengenalkan "stop motion clay animation". Nah, bingung kan apa itu "stop motion clay animation"? Penjelasannya gini, Art Clokey membuat animasi tanah liat (clay animation) dengan teknik stop motion (teknik animasi yang memanipulasi objek seakan-akan terlihat bergerak sendiri, padahal objek itu diam).

Kalau kalian sering nonton animasi serial yang judulnya Shaun The Sheep itu termasuk clay animation (sering juga disebut claymation) juga. Art Clokey sendiri membuat karakter animasi tanah liat-nya yaitu bernama Gumby (manusia) dan Pokey (seekor kuda). Karakter ini terkenal dan disiarkan di channel televisi seperti NBC dan Nickelodeon.

Google Search Art Clokey`s Birthday
Art Clokey with Gumby

Gumbey and Pokey
Selain itu, Art Clokey membuat karakter terkenal lainnya yaitu Davey dan Goliath. Mengisahkan cerita seorang anak yaitu Davey dengan anjingnya yang bernama Goliath.

Davey & Goliath
Art Clokey



sumber tulisan : Wikipedia
sumber gambar : Google

Google Doodle: Art Clokey`s Birthday Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

3 komentar:

rauff mengatakan...

Keren, jadi inget film shaun the sheep

cangkal.info mengatakan...

oh ini kah yg ultah.. hehehe

Iqbal Al Ghifari mengatakan...

@rauff: betul bro. film shaun the sheep memang keren...

@cangkal:iyo bang, Art Clokey yang ulang tahun