Senin, 29 Agustus 2011

Pemanfaatan Multimedia untuk Penyampaian Pesan

Elemen Multimedia
Penggunaan tools berupa software (perangkat lunak) untuk menggabungkan gambar, teks, video, suara, dan animasi sehingga menimbulkan interaksi antara user (pemakai) dan aplikasi merupakan pengertian dari multimedia. Integrasi dari berbagai macam multimedia (misal gambar, teks, video, suara dan animasi) secara bersama-sama memperkuat sebuah penyampaian pesan kepada user. Multimedia yang sesuai dengan kebutuhan user menginginkan adanya interaksi. Interaksi multimedia yang bertujuan multimedia dapat memuaskan kebutuhan user dalam pemanfaatannya. Pemanfaatan tersebut dapat dilakukan di berbagai bidang seperti pendidikan, informasi, hiburan, bisnis, pariwisata dan lain-lain
Untuk menyampaikan pesan-pesan dari berbagai bidang yang disebutkan di atas, dimanfaatkanlah multimedia sebagai alatnya. Dengan multimedia-lah, pemanfaatan berbagai media untuk menyampaikan pesan agar lebih efektif dan efisien.

Pesan
Pesan sendiri berarti sesuatu perintah, nasihat, permintaan, amanat yang disampaikan secara audio, visual, dan gabungan audio-visual kepada orang lain. Pembuat aplikasi multimedia menginginkan aplikasi sesuai harapannya. Pada aplikasi multimedia mengandung pesan bahwa aplikasi inilah yang mereka butuhkan. Contoh aplikasi multimedia yaitu kiosk yang merupakan produk multimedia yang berfungsi sebagai pemberi informasi. Pembuat produk kiosk ingin menyampaikan pesan alat ini yaitu memberikan informasi kepada orang yang menggunakannya. Kiosk museum digunakan untuk menginformasikan tentang museum mulai dari seluk-beluk, denah, isi dan koleksi, pegawai dan staf serta lainnya yang berkaitan hal dengan museum. Lain halnya dengan kiosk rumah sakit yang menginformasikan prosedur berobat dan rawat inap, pasien-pasien yang di rawat inap, denah rumah sakit dan lain-lain yang berkaitan dengan rumah sakit. Kiosk museum dan kiosk rumah sakit berbeda karena penempatan benda tersebut, tapi tujuannya sama yaitu memberikan informasi kepada user yang menggunakan.

Hubungan Multimedia dengan Efektifitas dan Efisiensi Pesan
Diatas telah dijelaskan multimedia dibuat untuk menyampaikan pesan. Nah, pesan yang harus didapatkan oleh user haruslah mempunyai prinsip efektifitas dan efisiensi. Efektifitas dan efisiensi, keduanya merupakan prinsip yang dipakai dalam menjalankan misi penyampaian pesan dari multimedia kepada user.
  • Efektifitas
Multimedia yang digunakan user memberikan efek, pengaruh, dan kesan terhadap aplikasinya. Sehingga dengan menggunakan multimedia, user berhasil dalam menjalankan usaha atau tugasnya. Kemudahan itulah yang diinginkan user dalam menggunakan multimedia. Itulah prinsip efektifitas pesan dalam multimedia.
  • Efisiensi
Multimedia haruslah tepat guna dalam pemakaiannya sesuai waktu yang telah ditentukan user dalam penggunaannya. Sehingga tidak ada keborosan baik dalam hal tenaga, alat, pikiran dan lain-lain. Begitulah prinsip efisiensi pesan pada multimedia

Multimedia yang gabungan dari beberapa media dan didukung prinsip efektifitas dan efisiensi pesan dalam aplikasinya, menjanjikan sebuah konvergensi dalam bidang Teknologi Informasi (TI) yang semakin berkembang. Hubungan inilah yang diinginkan oleh multimedia bahwa multimedia berupa aplikasi atau produk dapat membantu user untuk menjalankan aktivitas user di rumah atau di kantor.
Bagan tentang hubungan multimedia dengan efektifitas dan efisiensi pesan.
Bagan

Multimedia di Era Informasi
Era informasi sedang berkembang pesat di Indonesia. Informasi silih berganti diterima oleh masyarakat. Tiada hari tanpa informasi, begitulah semboyan yang ada di zaman ini. Informasi dibutuhkan oleh semua orang untuk mengetahui perkembangan yang mereka ikuti. Seperti informasi tentang politik, bagaimana dinamika politik yang terjadi di Indonesia atau di daerah.
Kalau ditanyakan, apakah multimedia sangat penting di era informasi saat ini? Ya, multimedia penting dalam era informasi. Mengapa penting? Karena multimedia mempunyai peranan penting dalam menyebarkan informasi ke semua orang. Multimedia menjadi pilihan lain dalam pengembangan dan pengolahan informasi sekarang ini. Informasi yang ada di multimedia lalu disampaikan dan diterima oleh masyarakat.
Multimedia yang mampu informatif dan interaktif itulah menjadi pilihan masyarakat dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Multimedia juga harus berkembang dan mengikuti sesuai trend yang aktual di dunia informasi. Sehingga, multimedia tidak ketinggalan zaman yang berujung tidak digunakan lagi multimedia dalam dunia informasi.

inspirasi posting saat UAS Aplikasi Multimedia. Sumber posting: bahan mata kuliah Aplikasi Multimedia.

2 komentar:

Poskan Komentar