Jumat, 08 April 2011

Mengenal Layanan 3G


Saat ini perkembangan dunia gadget khususnya handphone  semakin terus maju. Apalagi ditambah dengan dukungan layanan yang diberi nama 3G (dibaca: triji)  membuat handphone semakin canggih. 3G adalah suatu jaringan broadband untuk handphone. 3G menawarkan suara, gambar statis dan bergerak seperti video call dan juga email serta pengaksesan jaringan internet yang cepat dalam satu genggaman yaitu handphone.
3G merupakan kependekan dari Third Generation Technology, yaitu sebuah istilah bersama untuk prosedur, standard an perangkat komunikasi b aru yang memberikan peningkatan kecepatan dan kualitas layanan komunikasi bergerak. 3G sendiri hadir di Indonesia pada awal tahun 2006. Handphone dengan mempunyai perangkat 3G secara umum mempunyai kemampuan transmisi yang besar baik dalam kecepatan maupun kapasitasnya dari pendahulunya seperti GSM atau GPRS.
Layanan 3G merupakan layanan komunikasi bergerak yang peningkatan bandwithnya mencapai 2 Mbps dalam keadaan tetap atau diam. Tapi jika dalam keadaan berjalan maka bandwithnya hanya mencapai 384 Kbps. Khusus komunikasi data dalam kendaraan yang sedang bergerak maka bandwithnya hanya mencapai 128 Kbps.
Sekarang jaringan 3G terus berkembang dan semakin merata khususnya di kota-kota besar dan kebanyakan orang menggunakan layanan 3G ini untuk video call atau berbicara lewat telepon tapi  dapat melihat lawan bicara dan berselancar di dunia internet.
 Keunggulan 3G sendiri adalah dapat mengakses jaringan internet lebih cepat, dengan 3G dapat melakukan dan menerima panggilan telepon dan faks, mengirim dan membaca email dengan attachment (lampiran) yang besar, 3G memberikan kemudahan dalam melakukan video conference dengan endpoint langsung dari pesawat  3G yang memberikan fitur navigasi, peta digital dan dapat menerima siaran langsung televise digital dari handphone 3G.

Mengenal Layanan 3G Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: