Kamis, 03 Maret 2011

Tombol Shortcut Facebook

Efektivitas penggunaan software dapat ditingkatkan dengan shortcut. Dengan demikian, pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Salah satu metode shortcut yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan keyboard sehingga mengurangi penggunaan mouse.

Facebook menyadari pentingnya shortcut. Maka dari itu, Facebook menyediakan shortcut yang bisa digunakan secara langsung untuk beberapa fiturnya. Belum banyak yang mengetahui keberadaan shortcut itu karena memang pada dasarnya tampilan Facebook mudah digunakan.

Seperti halnya web browser yang memiliki shortcut berbeda-beda, Facebook memiliki shortcut tersendiri. Dalam artikel ini, secara umum panduan ditulis untuk browser Google Chrome. Jika anda menggunakan Mozilla Firefox, anda harus menekan Shift + Alt (tidak hanya Alt). Sementara itu, untuk Internet Explorer, anda harus menekan Enter setelah shortcut. Namun, untuk Mac, anda harus menekan Ctrl + Opt (bukan Alt).

Berikut ini adalah beberapa shortcut umum pada Facebook.

  1. New Message (Alt + M). Shortcut ini digunakan untuk menampilkan kotak dialog pengiriman pesan baru. Shortcut ini dapat digunakan untuk hampir semua halaman Facebook. Namun, shortcut ini tidak bekerja pada Internet Explorer. Pada Firefox, kombinasi yang digunakan adalah Shift + Alt + M.
  2. Search Box (Alt + ?). Shortcut ini sama untuk Google Chrome dan Internet Explorer, sedangkan untuk Firefox adalah Shift + Alt + ?. Shortcut ini sangat bermanfaat karena anda bisa dengan mudah mengakses halaman profil teman anda secara cepat dengan mengetikkan namanya.
  3. Home Page (Alt + 1). Shortcut ini membawa anda ke halaman Beranda atau Homepage. Cukup bermanfaat jika anda adalah pengguna yang sering memperhatikan news feed.
  4. Profile Page (Alt + 2). Shortcut ini membawa anda menuju halaman profil anda. Jika menggunakan Firefox, tekan Shift + Alt + 2. Jika menggunakan IE, tambahkan Enter setelah menekan shortcut.
  5. Friend Request (Alt + 3). Shortcut ini akan sangat membantu anda untuk mengakses tab friend request (permintaan teman) secara cepat. Untuk Firefox dan IE, sama seperti aturan sebelumnya.
  6. Messages (Alt + 4). Di sebelah kanan icon Friend Request, anda bisa menemukan icon Messages yang bisa dibuka secara cepat dengan shortcut ini. Seperti biasa, Firefox menggunakan Shift + Alt + 4 dan IE membutuhkan Enter setelah menekan shortcut.
  7. Notifications (Alt + 5). Tab notifications atau pemberitahuan mungkin lebih sering dibuka daripada yang lainnya. Dengan shortcut ini anda bisa melihat notifikasiyang baru muncul.
  8. Settings (Alt + 6). Shortcut ini membuka halaman Settings atau pengaturan pada Facebook.
  9. Privacy (Alt + 7). Shortcut ini membuka halaman Privacy yang diperuntukkan untuk mengatur Facebook
  10. About (Alt + 8). Shortcut ini langsung mengarahkan ke page Facebook.
  11. Terms (Alt + 9). Shortcut ini membuka halaman peraturan dalam ber-Facebook.
  12. Help (Alt + 0). Shortcut ini membuka halaman Help untuk memberi bantuan anda dalam menjalankan Facebook.
Sekali lagi beda browser, beda juga shortcut-nya. Oke.

Sumber: Majalah PC Mild

Tombol Shortcut Facebook Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: