Jumat, 08 Februari 2013

Game Sebagai Alat Kampanye

Game merupakan permainan yang sering dilakukan oleh semua usia dengan berbagai jenis game. Nah, ternyata game juga dipakai untuk sebagai alat komunikasi dalam menyampaikan visi dan misi calon pemimpin dalam pemilihan. Penggunaan game sebagai alat kampanye memang masih baru di Indonesia dan hanya segelintir calon yang memakainya. Tetapi, apakah penggunaan ini efektif dalam menjaring suara pemilih terutama yang menyukai game seperti pemilih pemula? Walaupun belum ada mengatakan itu dapat membuat pemilih menyukai calon tersebut. Tetapi kampanye lewat game merupakan cara kreatif dan unik yang patut ditiru oleh calon pemimpin dalam pemilihan kepala daerah atau negara.

Isi game selain permainan juga diselipi dengan visi dan misi mereka supaya terpilih. Berikut ini game-game yang dijadikan alat kampanye di pemilihan kepala daerah Indonesia.

  • Game "Selamatkan Jakarta"
Game "Selamatkan Jakarta" dibuat oleh tim sukses Jokowi-Ahok dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta. Game ini sekilas mirip dengan game "Angry Birds". Game ini memiliki 30 level dengan tokoh karakter  yang menggambarkan "Jokowi" dengan memakai kostum kotak-kotak. Game yang menggunakan platform Adobe Flash ini mengharuskan pemain untuk mengatur arah barang atau item yang dilempar ke objek. Game ini bercerita bagaimana usaha Jokowi-Ahok menghilangkan empat permasalahan utama di Jakarta yaitu pejabat yang korupsi, pengusaha hitam, preman dan tempat sampah.Untuk memainkan game cek di link http://www.metric-design.com/game.swf


  • Game "Tendangan Maung"
Pada Pilkada Jawa Barat 2013, Dede Yusuf-Lex Laksamana memilih game juga sebagai media kampanye mereka yaitu game "Tendangan Maung". Game ini mengharuskan pemain menggerakkan tokoh karakter pemain sepakbola yaitu Ajat Sudrajat. Game ini memang bertema sepakbola tetapi yang bermain disini hanya ada dua pemain di lapangan. Karakter pemain Ajat Sudrajat akan melawan pemain yang namanya diplesetkan seperti David Bekam, Wayne Roni, Maradono, Pelet dan masih banyak lagi. Game ini memakai corak klub Jawa Barat yang terkenal Persib dengan warna biru. Game ini juga memakai bahasa sunda. Setiap pemain mencetak gol maka akan muncul petikan visi dan misi Dede-Laksamana. Untuk memainkannya cek di http://www.lexlaksamana.com/tendangan-maung/

  • Game "Bersatu Jakarta"
Pada pilkada DKI Jakarta 2012, Foke-Nara (Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli) salah satu cagub dan cawagub meluncurkan Game "Bersatu Jakarta" dengan menampilkan visi dan misi mereka pada game tersebut. Permainan pada game ini adalah pemain harus menyelesaikan 3 level yaitu MRT (Mass Rapid Transit), Kanal Banjir Timur dan serta pendidikan gratis 12 tahun dan jamkesda. Game ini dikembangkan melalui Adobe Flash. Game ini bisa dimainkan di link ini http://gamefokenara.blogspot.com/



Dengan makin majunya perkembangan dunia internet maka penyajian kampanye lewat game di internet terutama di Indonesia merupakan cara kreatif dan efektif untuk menyampaikan visi dan misi ke pemilih mereka. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan game menjadi luas yaitu sebagai alat atau media komunikasi massa.

Game Sebagai Alat Kampanye Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

2 komentar:

Ahmad Bahroini mengatakan...

Bujur banar bang.. kunjungungi juga beng..hehe JEJAK SANG CUCU

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

@roy: iyo roy, semangat ngeblog ya, udah dikunjungi kok blognya, bagus dah