Sabtu, 13 Oktober 2012

Bagaimana Kuliah RTI di Ilkom?

Kamis, 11 Oktober 2012. Kabar mata kuliah Riset Teknologi Informasi (RTI) akhirnya terkuak jelas dengan di grup Computer Science (Prodi Ilmu Komputer) dan FMIPA ILKOM UNLAM 2009 (grup angkatan 2009). Dengan munculnya foto berupa daftar nama dosen pembimbing Riset Teknolgi Informasi (RTI).

Daftar nama dosen RTI
Dari situ admin kebagian dapat dosen Bpk Radityo A Nugroho, ST, M.Kom dengan judul "Sistem Informasi Pariwisata, Seni dan Budaya Kalimantan Selatan Berbasis Web".

Sekedar mengulang, Riset Teknologi Informasi sebagai salah satu mata kuliah di semester 7 di prodi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Lambung Mangkurat memberikan bantuan mahasiswa yang ingin memasuki masa Tugas Akhir (alias Skripsi). Lewat apa bantuannya? Ya, dengan mata kuliah RTI, mahasiswa disuruh membuat judul skripsi sesuai minat dan bakatnya di prodi Ilmu Komputer yaitu Sistem Informasi, Jaringan dan Web & Multimedia. Lalu, mahasiswa mengajukan judul lewat mengambil mata kuliah ini sebelum mengambil Tugas Akhir (Skripsi), jika tidak mengajukan judul dalam rentang waktu 2 minggu akan dianggap tidak mengikuti mata kuliah RTI dan dapat nilai E.



Setelah pengajuan judul, maka mahasiswa dipilihkan dosen pembimbingnya. Selama semester 7, mahasiswa diwajibkan dengan:
  • Konsultasi minimal 5 kali, ini diperlukan juga untuk latihan sebelum menghadapi TA yang konsultasinya pastinya lebih dari 5 kali.
  • Membuat proposal skripsi dengan bab 1 sampai dan bab 3
Nah, proposal skripsinya tadi dari bab 1 sampai dengan bab 3 yang isinya adalah:
  • Bab 1: Latar Belakang, Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat, Ruang Lingkup
  • Bab 2: Tinjauan Pustaka, Landasan Teori
  • Bab 3: Metode Penelitian
Untuk itulah, adanya mata kuliah RTI supaya mahasiswa sudah terbiasa dengan konsultasi dosen pembimbing dan pembuatan tugas akhir. Sebenarnya, judul-judul yang mahasiswa ajukan di RTI ini bisa diteruskan ke skripsi/tugas akhir atau tidak. Tapi, bagi saya, ini adalah kesempatan karena jika bisa dilanjutkan ke tugas akhir/skripsi, tidak usah capek-capek lagi dalam membuat proposal skripsi atau programnya karena sudah tahu dengan judul yang selama ini dibuat di RTI.

Owh ya, RTI di Ilkom tidak sampai membuat programnya, cuma sampai proposal skripsi yang dari bab 1 sampai bab 3.

Semangat ILKOM 2009. Are U Ready to ROCK!!!!

Bagaimana Kuliah RTI di Ilkom? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

1 komentar:

kids party mengatakan...

nice info and posting...