Senin, 30 April 2012

SanDisk Produksi Flash Memory 19nm


Produsen flash memory ternama SanDisk telah mengumumkan bahwa mereka telah merilis chip NAND flash memory dengan ukuran 19nm, atau hanya sebesar ruas jari telunjuk saja. Dengan begitu, membuatnya menjadi chip flash memory terkecil di dunia.

Untuk mewujudkan proyek ini, SanDisk bekerjasama dengan Toshiba. Flash memory ini mampu menampung  128 milyar bit informasi data di dalam chip dengan luas penampang 170 milimeter persegi. Teknologi yang digunakan adalah MLC (multi-level cell) NAND yang dikombinasikan dengan teknologi 3 bit per cell (X3) yang memungkinkan chip untuk melakukan proses baca/tulis 3 bit informasi data pada tiap cell memory yang ada.
SanDisk Produksi Flash Memory 19nm (sumber: techspot.com)

Kecil dan Kencang

Teknologi X3 yang ada dikombinasikan dengan arsitektur All-Bit-Lane (ABL) yang memungkinkan  proses penulisan data secara simultan dalam jumlah 2 kali lipat lebih banyak. Dalam prakteknya sendiri kecepatan tulisnya adalah 18 MB/s. Proses pembuatan chip flash memory ini sendiri diakui sangat kompleks, tetapi pihak SanDisk sendiri mengakui kedepannya produksi akan berjalan dengan ongkos yang lebih murah.
Di dalam sebuah modul memory 128 GB terdiri dari delapan 128 GB (16 GB) chip NAND, membuatnya berukuran lebih kecil, kencang dan memiliki konsumsi daya yang minim. Dengan ukuran yang kecil, jelas memberikan keuntungan tersendiri ketika nantinya diaplikasikan pada perangkat mobile seperti smartphone atau tablet yang berimbas pada semakin tipisnya perangkat yang ada. Selain produk ini, SanDisk juga mengumumkan mereka akan merilis NAND flash memory kapasitas 8GB yang akan diwujudkan dalam format microSD. Saat ini, proses untuk produksi masih dalam tahap pengiriman chip flash memory, sedangkan untuk proses produksi massal akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

SanDisk Produksi Flash Memory 19nm Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

0 komentar: