BLANTERORBITv102

    Google+ Wajah Baru

    Jumat, 13 April 2012
    Google+ tampil dengan penampilan/wajah baru dan fitur yang diperbaharui. Salah satunya notifikasi. Bagi orang yang kali pertama menggunakan Google+, setelah login akan mendapat notifikasi dari Google.
    Saat masuk ke Google+, ada video turnya
    Selanjutnnya, Google memandu untuk 'tur' melihat fitur-fitur terbaru. Selain itu, di sebelah kiri tampilan profil pengguna akan muncul pilihan seperti Home, Explore, Hangouts, Circle, dan More.

    Pengguna bisa memilih fitur-fitur ini ke atas atau bawah, sesuai keinginan. FItur yang jarang digunakan bisa di sembunyikan ke More dengan cara men-drag fitur tersebut dan pindahkan ke fitur More.

    Seperti halnya Timeline Facebook, kini pengguna Google+ juga bisa mengganti cover foto di profil. Caranya sangat mudah, hanya dengan mengeklik bagian bawah cover foto, lalu klik perintah untuk mengganti cover foto.
    Profil Google+ mirip dengan profil Timeline Facebook
    Di bagian kanan cover foto terdapat foto profil yang juga bisa dengan mudah diubah dengan cara klik perintah mengubah foto. Untuk Circle kini berada di sebelah kanan, tepat di bawah foto profil. Maka, bagian tengah dari profil merupakan rekaman aktivitas pengguna saat menggunakan Google+ seperti update status, berbagi foto, video Youtube, hingga merencanakan Hangouts.

    Baik di halaman depan maupun halaman profil, akan tersedia fitur chat (di kanan atas, tepat di bawah fitur Hangouts), agar pengguna dapat langsung chatting dengan teman-teman yang online.

    Tak hanya itu, pengguna bisa mencoba fitur baru yang terdapat dalam kotak untuk update status di halaman depan Google+. Status pengguna yang berisi teks bisa dilengkapi dengan foto, video, atau link website.

    Pada tambahan video, pengguna bisa langsung mengambil video dari Youtube dengan cara klik tombol merah untuk menambahkan video, lalu klik tulisan Youtube. Akan muncul window pop up baru yang memungkinkan pengguna mencari video Youtube yang ingin dibagi, tanpa harus mengunjungi website Youtube.com

    Masukkan kata kunci ke mesin pencari dan beberapa video yang terkait kata kunci akan muncul. Pengguna bisa memilih salah satu video untuk dimasukkan ke update status di Google+.

    Cara ini tentu lebih mudah dari berbagi video yang pernah ditawarkan oleh Facebook yang harus membuka website Youtube terlebih dahulu kemudian memindahkan kode URL ke dalam kolom update status.

    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN