Jumat, 30 Maret 2012

Video Manager di Youtube

Terbaru, situs berbagi video yaitu Youtube menyediakan fasilitas baru untuk para penggunanya berupa tools yang disebut Video Manager untuk mengolah langsung video yang ditampilkan di situs ini. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, kita bisa mengatur kualitas video yang ditampilkan di Youtube dengan cara mudah.
Video Manager di Youtube
Video Manager akan bekerja menganalisis semua video yang akan diunggah pemilik akun di Youtube. Fitur ini akan bisa mendeteksi, apakah video yang ditampilkan terlalu cerah atau terlalu gelap kondisi pencahayaannya saat video tersebut direkam. Jika satu dari dua kondisi itu yang terjadi pada video anda, anda hanya perlu mengeklik fitur Video Manager untuk menyempurnakan video anda sebelum dipublikasikan di Youtube dan dibagikan ke seluruh warga dunia.

Fitur ini memiliki kemampuan memperbaiki mulai dari kualitas gambar, pencahayaan. Juga, memperbaiki gambar yang terlalu shaking alias bergerak.

Video Manager juga memiliki kemampuan mengembalikan kondisi video kita ke format semula, dalam kondisi video saat masih belum diedit. Yang anda perlu tahu, fitur ini baru bisa anda gunakan ika anda mengakses Youtube melalui desktop, laptop dan komputer tablet.

Untuk anda pengguna smartphone, perlu bersabar dulu karena fitur Video Manager belum kompatibel untuk perangkat tersebut.

Sebenarnya, Youtube sebelumnya sudah merilis fitur sejenis Video Manager untuk mengedit vido yang dinaikkan ke Youtube. Namanya, Video Editor. Cara kerja fitur ini hampir sama dengan Video Manager, yakni mengolah tingkat ketajaman, pencahayaan, rotasi video yang akan dinaikkan ke portal ini. Bedanya, Video Manager lebih praktis dalam penggunaan.
Video Editor di Youtube
Untuk memanfaatkan fitur Video Manager, pengguna hanya perlu melakukan dua tahapan kerja. Pertama, buka akun Youtube, lalu unggah video yang diinginkan. Lalu, tekan tombol Video Manager.

Youtube juga memiliki fitur menarik yang perlu anda coba. Misalnya, Social Youtube. Ini adalah fitur untuk menambahkan akun social media lainnya di saluran Youtube anda. Anda sudah memiliki default social media Google+ di saluran Youtube anda. Jika anda menginginkan akun social media yang lain seperti Facebook, anda tinggal klik tombol connect, lalu arahkan ke ikon app Facebook.

Ada juga fitur Annotations. Ini adalah fitur yang membantu anda memberikan penjelasa dalam video yang anda unggah. Anda bisa mencantumkan label pada area video dan memberikan warna palette lebih besar dan extended, dan timeline annotation yang baru dan berbeda.

Fitur lainnya yang perlu anda coba adalah Playlist Feed. Fitur ini memungkinkan kita berbagi video atau playlist, mengirim komentar dan berbagi link dalam tab Feed. Masih ada lagi fitur lainnya, yakni Browse Page yang memungkinkan anda mencari tahu video yang paling banyak dilihat berdasarkan kategori, sebagian maupun seluruhnya.

Sumber: Koran Banjarmasin Post

Video Manager di Youtube Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

0 komentar: