Kamis, 23 Februari 2012

Universal Earphones: Pintar Mendeteksi Posisi Telinga

Jika anda memiliki sebuah headphone, pastinya terdapat 2 bagian (earbud). Dapat dilihat terdapat huruf L (Left) dan R (Right) di bagian bodinya sebagai panduan letak telinga. Sumber audio, baik PC maupun MP3 Player akan mengirimkan suara untuk kanal kiri dan kanan berdasarkan kedua bagian headphone. Walaupun sepertinya sederhana, hal ini dapat berpengaruh besar untuk ketika anda mendengarkan musik apalagi film.
Universal Earphones Detection (sumber: Google Image)
Dalam sebuah adegan film, suara akan muncul pada berbagai arah, dan headphone akan menyalurkannya ke arah telinga. Anda pun dapat menebak arah suara dari dalam film. Untuk itu, jelas anda harus memakai headphone berdasarkan huruf L atau R berdasarkan telinga. Igarashi Design Interfaces Project yang berlokasi di Tokyo mengembangkan Universal Earphones dimana posisi kiri atau kanan tidak menjadi masalah lagi.

Universal Earphones dibekali dengan sebuah microchip di dalam masing-masing earbud yang dapat mendeteksi tekstur dari lubang telinga, sehingga dapat mengenali apakah sedang diletakkan pada telinga kiri atau kanan. Setelah mengenali telinga, maka earphone akan menyalurkan suara berdasarkan kanal kiri atau kanan.

Keunggulan dari Universal Earphones adalah pengguna tidak perlu repot melihat huruf L atau R terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan peletakan earbud pada telinga. Selain itu, ketika anda menggunakannya berdua dengan teman (misal, anda di telinga kiri dan teman di kanan), Universal Earphones dapat mendeteksi situasi seperti ini dan mengirimkan suara kombinasi dari kanal kiri dan kanan ke setiap earbud. Dengan begitu suara yang ada ditransmisikan secara penuh, tidak terpisah berdasarkan kanal kiri ataupun kana. Dalam hal ini, earphone dapat mendeteksi apakah sedang dipakai oleh 1 atau 2 orang. Bila digunakan oleh 1 orang, maka earphone akan mengirimkan sebuah arus listrik bertegangan rendah dari 1 earbud ke lainnya. Jika hanya 1 orang yang menggunakan, maka arus tersebut tidak akan terpecah, ketika digunakan 2 orang, maka arus akan terpecah dan Universal Headphones akan masuk ke dalam mode berbagi dimana tiap earbud mentransmisikan suara secara penuh.
Universal Earphones digunakan oleh 2 orang (sumber: google images)
Igarashi Design juga sedang mengembangkan sebuah fitur dimana sensor dapat mendeteksi ketika earbud tidak sedang menancap pada lubang telinga. Jadi ketika anda melepas earbud, maka musik yang sedang didengarkan akan berhenti atau Pause dan akan kembali jalan ketika anda memasang earbud. Universal Earphones ini akan didesain dengan ongkos yang murah dan berharap agar harga jualnya akan terjangkau. Tanggal rilisnya juga belum pasti, earphone pintar ini akan dipamerkan di 2012 International Conference on Intelligent User Interfaces di Lisbon, Portugal akhir bulan ini.

Video tentang Universal Earphones dapat dilihat disini.

Sumber: Tabloid Komputek

Universal Earphones: Pintar Mendeteksi Posisi Telinga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: