BLANTERORBITv102

    Roberta Williams: Pengusaha Wanita Industri Game

    Sabtu, 14 Januari 2012
    Roberta Williams atau dengan nama lengkapnya adalah Roberta Heuer Williams merupakan orang yang berpengaruh di dunia industri GAME. Lahir 16 Februari 1953. Sejak kecil ia mempunyai imajinasi hebat yang orang tuanya sering dihiburkan dengan kisah-kisah menakjubkan dari buah pikirannya sendiri.

    Roberta Williams sangat tidak kenal komputer. Bahkan ia masih menolak saat suaminya telah menjadi konsultan independen dan mengajaknya. Ketertarikannya dimulai ketika suami membeli sebuah PC dan memaksanya untuk memainkan game teks buatannya yang pertama yaitu Colossal Cave. Roberta mulai menyukainya. Hingga ia pergi ke 1 toko game dan membeli semua game ber-genre adventure yang ada di toko itu.

    Dari situ Roberta mulai mencoba peruntungan di dunia ini bersama suaminya, Ken Williams. Tahun 1980, ia pun membeli Apple II seharga 2.000 dollar AS. Dengan 5 programmer paruh waktu di rumahnya.dibuatlah game text adventure pertamanya : Mystery House, Mei 1980. Dengan biaya 11.000 dollar AS. Yang laku hingga 60.000 dollar AS saat rilis perdana.

    Hingga ia mendirikan Online Systems. Dan diubahnya menjadi Sierra Online pada pertengahan 1982. Tahun 1984 IBM mengajaknya membuat game adventure di bawah bendera IBM. Hingga kemudia rilislah seri yang sangat fenomenal : King`s Quest tahun 1984. Yang ditutup di seri ke VI : Mask Of Eternity tahun 1992.

    Tahun 1982 produser terkenal yaitu Jim Henson memintanya menghijrahkan film dongeng-nya The Dark Crystal. September 1982, rumahnya terbakar saat Steve Wozniak dan Steve Jobs (dari Apple) mengundangnya pada makan malam. Tahun 1998 ia undur diri dari dunia game setelah rilis game horror dewasa pertama berjudul : Phantasmagoria yang laris manis.

    Tahun 2002 ia dimasukkan dalam jajaran 30 orang yang paling berpengaruh dalam industri game. Untuk mengetahui lebih jelas tentang kiprahnya Roberta Williams dan suaminya bisa di lihat situsnya yaitu http://www.sierragamers.com/. Dan di situs tersebut ada katalog game yang mereka buat.

    Ken dan Roberta Williams (sumber: http://www.sierragamers.com/)
    sumber: Tabloid Komputek

    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN