Kamis, 29 Desember 2011

Perang Teknologi 2012

Pada tahun 2012 akan ada perang di dunia teknologi yang dilakukan oleh perusahaan dengan inovasi baru.

1. iPad vs Galaxy Tab vs Kindle Fire
Dalam waktu dua tahun perusahaan Apple populer dengan produk fenomenalnya yaitu "iPad" dengan menawarkan solusi komputasi yang fleksibel, simpel dan powerfull. Dengan penjualan Apple menunjukkan angka 40 juta unit sejak dijual pada April 2010 dan menjadi trendsetter di dunia tablet PC.
Sedangkan Samsung dengan Galaxy Tab-nya hingga periode 2011 menjadi seteru abadi dengan Apple dalam hal produk, teknologi serta klaim mereka yang terbaik.
Amazon muncul menjadi kuda hitam dengan produk tablet PC yaitu Kindle Fire. Dengan spesifikasi mulai kapasitas 8 GB dan fokus untuk menjelajahi e-book di dunia maya.
2. Tablet vs Notebook vs Netbook vs Ultrabook
Tahun 2011 banyak bermunculan produk tablet PC dengan kuantitas luar biasa. Sehingga, banyak pengamat menyebut saat ini adalah era atau masa "post-PC" yang artinya kita tidak lagi terpaku di depan monitor dan CPU terpisah untuk melakukan interaksi.
Notebook dan Netbook mulai tergeser dengan hadirnya tablet PC di awal tahun 2011 dan harus berevolusi dan inovasi terbaru untuk tetap ada. Tapi, di akhir tahun 2011 muncul teknologi Ultrabook yang ikut bersaing.
Hasil riset International Data Group memproyeksikan penjualan laptop tahun 2012 masih akan stabil kendati tidak signifikan, bahkan mengalami kenaikan tipis sekitar 11%. Sementara tablet PC terus melaju mencoba menguasai pasar komputasi bergerak, begitu juga Ultrabook yang ikut bersaing untuk memberikan solusi selain Notebook dan Netbook.

3. Keyboard vs Touch Screen vs Voice Control
Dulu untuk menginput data kita menggunakan mesin ketik. Nah, di zaman komputerisasi, perannya digantikan oleh keyboard sebagai input device ke PC. Dan banyak perusahaan yang memproduksi teknologi keyboard ini.
Sedangkan touch screen semakin laris gaungnya di tahun 2011 lewat produk tablet PC dan smartphone. Touch screen menjadi mode dengan memberi kemudahan input device data dengan jari-jari tangan anda.
Lalu, Google dan Apple memperkenalkan sistem input berbasis perintah suara (voice-based). Android besutan Google memperkenalkan Voice Actions. Dan, iPhone 4S-nya Apple memperkenalkan Siri sebagai aplikasi voice control. Tidak hanya di platform device, Google juga bereksperimen  untuk mengintegrasikan Voice Action pada aplikasi browser mereka, Google Chrome.
Perangkat konsol juga menggunakan teknologi perintah suara ini seperti XBox dan Wii.

4. Spotify vs iTunes
Revolusi industri musik digital telah dilakukan oleh Apple lewat iTunes. Dengan menyediakan lagu-lagu yang bisa didownload dengan harga relatif murah.
Dengan internet kita bisa mencari dan mendownload lagu-lagu yang diinginkan via Mediafire dan lain-lain. Di tengah hilir mudiknya hits single terbaru,Spotify dan sejumlah portal layanan musik subscription mulai menjadi pesaing iTunes dengan memberi akses ke gudang lagu yang tidak perlu dibeli atau dimiliki, hanya menggunakan koneksi untuk streaming.
Konsep yang diberikan lebih memudahkan kedua pihak, antara pengguna yang ingin mendengarkan lagu tersebut dan penyedia layanan memberikan akses sekaligus meraih user.
Prediksi 2012, Spotify akan menjadi pesaing terdepan iTunes. Spotify telah diakses lebih dari 10 juta ID user aktif yang 2 juta ID memilih opsi langganan. Dari layanan subscribe (berlangganan), Spotify berharap terus mendapatkan pendapatannya.

5. Android vs iOS vs Windows Phone
3 sistem operasi mobile yang populer dipakai di smartphone, gadget dan lain-lain akan tetap bersaing keras di tahun 2012. Persaingan tersebut dimulai dari release sistem operasi terbaru seperti iOS 5, Android 4.x Ice Cream Sandwich dan Windows Phone 7.5 yang nantinya akan menjadi Windows Phone 8.

6. Flash vs HTML 5
Adobe Flash sebagai platform pemutar video di internet tak lama lagi akan tergantikan HTML 5. Dan siapakah yang dengan hebatnya memulai revolusi ini? Apple mulai meninggalkan fitur flash dari setiap produk device iOS. Microsoft pun mengikuti langkah Apple dengan meniadakan Flash plug-ins pada browser terbaru mereka IE 10 yang disediakan untuk Windows 8. Sedangkan Opera dan Mozilla Firefix menyatakan diri kerepotan dengan Flash sehingga harus mau tidak mau meninggalkan dengan mengganti dengan HTML 5.

7. HDD vs SSD
Kendati belum bisa menggusur dominasi HDD (Harddisk) karena harganya masih relatif mahal, Solid State Drives (SSD) diyakini semakin menjadi pilihan kebutuhan penyimpanan data (storage) di mobile device, tablet PC, laptop dan sekarang Ultrabook.
Ukurannya yang mini dengan kapasitas luar biasa, membuat seri Intel Ultrabook dan Apple MacBook Air terlihat ramping. Sistem booting SSD berjalan cepat karena tidak mempengaruhi komponen moving parts yang diyakini membuatnya lebih tangguh dibanding HDD.

8. Flickr vs Instagram
Flickr, situs upload foto yang memiliki user mencapai 51 juta akun ID. Sekarang sedang harap-harap cemas karena mempunyai pesaing yaitu, Instagram. Instagram meraih 9 juta user dalam waktu sepuluh bulan dan lebih dari 150 juta foto diupload. Sementara, Flickr selama 2 tahun baru membagikan 100 juta file foto. Flickr makin cemas ketika Yahoo sebagai situs induk mereka ingin meluncurkan app Android untuk menyaingi Instagram.

Diolah dari sumber Tabloid Komputek

Perang Teknologi 2012 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

0 komentar: