Senin, 28 November 2011

Mengenal Delphi 2010 (Bagian 5)

IDE Delphi 2010
Delphi 2010 merupakan salah satu IDE yang cukup dikenal di kalangan programmer pemula sampai profesional. Kemudahan pembuatan aplikasi dan penulisan kode program, kelengkapan fasilitas yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini, serta dukungan ke berbagai jenis database arsitektur menjadi beberapa daya tarik bagi programmer.

Pada saat Delphi 2010 dijalankan, kita akan mendapati sebuah IDE (Integrated Development Environment) dari Delphi 2010. Semua fitur dan fasilitas yang dibutuhkan oleh para pengembang software disatukan dalam sebuah aplikasi sehingga memudahkan programmer untuk membuat atau mengembangkan aplikasi.

Fasilitas dan fitur pada Delphi 2010 seperti Code Editor, Form Designer, Project Manager, Debugger dan fitur lainnya membantu para software developer untuk dapat mengembangkan aplikasi secara mudah dan cepat. IDE memungkinkan programmer untuk melakukan semua pekerjaan di satu lingkungan dengan dukungan dari semua fitur dan fasilitas yang dibutuhkan.

IDE Delphi 2010 menyediakan fasilitas antar muka yang sudah akrab bagi pengguna Windows. Salah satu fasilitas yang cukup membantu pengembang dalam merancang aplikasi adalah dockable window pada IDE Delphi. Dockable Window memudahkan programmer untuk menyesuaikan IDE Delphi dengan lingkungan kerja pada Desktop. Kelebihan lainnya adalah saveable desktop. Fasilitas ini berguna untuk menetapkan pengaturan pada Desktop IDE Delphi.

Desktop dapat diatur dengan tujuan seperti debugging. Proses debugging aplikasi, pengembang dapat melakukan proses debug langsung pada IDE Delphi. Tujuan utama IDE Delphi adalah agar proses pembangunan aplikasi dapat berlangsung secara cepat dan efisien. Dengan IDE Delphi inilah developer dapat menentukan pilihan untuk hampir semua aspek IDE, aplikasi dan project.

Bahasa Pemrograman Delphi
Sejarah bahasa pemrograman Delphi diawali dari Bahasa Pascal dengan compiler bernama Turbo Pascal yang berjalan di sistem operasi DOS. Bahasa Pascal terkenal karena mudah untuk dibaca dan dipelajari. Struktur bahasa yang jelas dan dukungan terhadap pemrograman berorientasi objek menjadikannya sebagai legenda dalam bahasa pemrograman.

Dalam perkembangannya, bahasa Pascal ikut berubah mengikuti perkembangan dan terpecah  menjadi dua jalur utama yaitu License Pascal dan Free Pascal. Free Pascal merupakan bahasa yang melahirkan IDE bernama Project Lazarus yang cukup fenomenal saat itu. Kemiripannya dengan antarmuka IDE Delphi 7 dan dukungan terhadap lintas platform sistem operasi menjadikannya sebagai IDE rujukan bagi programmer Delphi yang tidak mau keluar dana untuk membeli lisensi Delphi yang mahal.

Perkembangan Pascal di jalur license diteruskan dengan suksesi Pascal For Windows bersama object Pascal yang diikuti dengan lahirnya Delphi versi awal, yaitu Delphi 1.0 oleh perusahaan pengembang Borland. Seiring zaman berjalan, lahirlah Delphi 2.0, Delphi 3.0, Delphi 4.0 hingga Delphi 7.0.

Munculnya Delphi 8.0 menjadikan tonggak awal terjunnya Delphi ke dunia .Net yang dikeluarkan oleh Microsoft. Setelah perusahaan pengembang Borland diakuisisi oleh CodeGear yang kemudian diakuisisi pula oleh Embarcadero, lahirlah Delphi 20055, 2006, hingga Delphi yang saya pakai sekarang yaitu Delphi 2010. Dan sekarang versi Delphi yang terbaru yaitu Delphi XE2.

Kehebatan Delphi tentu tidak lepas dari bahasa Pascal yang menjadi bahasa utama Delphi sehingga aturan penulisan kode program pun menggunakan aturan atau sintaks yang digunakan oleh bahasa Pascal yang dalam hal ini adalah Object Pascal. Delphi memang bisa dikatakan menggunakan bahasa Object Pascal secara asli karena hampir semua kode program yang ditulis adalah program yang berorientasi sebagai objek.

sumber postingan Mengenal Delphi 2010: Panduan Praktis Delphi 2010 Programming Konsep dan Implementasi
sumber foto: hasil screenshoot sendiri

Mengenal Delphi 2010 (Bagian 5) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

8 komentar:

timbangan mengatakan...

numpang nyimak gan dari delphi pertama sampai sekarang

inverter mengatakan...

mantap gan artikelnya terus ngikutin ni ane

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

@timbangan: makasih gan udah nyimak, silahkan nyimak gan hehe

@inverter: makasih gan udah ikutin ne artikel,,

Anonim mengatakan...

mas, mau tanya.. caranya registrasi delphi 2010 secara offline gimana ya...? masalahnya setelah instal, minta registrasi ke situsnya delphi itu sendiri.. atas bantuannya makasih ya..

Anonim mengatakan...

project pada delphiku 2010 kok tidak bisa dirun tidak mau tampil ya, gimana???
mkasih seblumnnya

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

@anonim: coba di hapus dulu delphi 2010nya, kayaknya program Delphinya yg bermasalah pada saat penginstalan

laboratorium Bahasa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Mas mau tanya caranya registrasi/crack delphi 2010 gimana ya...?
Mohon di email ke yustina.smg@gmail.com
Trima kasih sebelumnya..