BLANTERORBITv102

    Mengenal Delphi 2010 (Bagian 2)

    Rabu, 16 November 2011
    Pada postingan pertama aku yang memberitahukan informasi tentang Delphi 2010 (http://jalannyauzanks.blogspot.com/2011/11/mengenal-delphi-2010.html). Sekarang aku mau meneruskannya lagi pada bagian kedua. :) :)

    Edisi-Edisi Delphi 2010
    Embarcadero Technologies saat meluncurkan Delphi 2010 membaginya menjadi 3 edisi. Kenapa ada pembagian edisi dalam Delphi 2010, karena untuk memberikan kemudahan bagi pengembang aplikasi yang hendak menggunakan Delphi 2010 dapat memilih dan menentukan edisi Delphi sesuai dengan kebutuhan. Semakin tinggi edisi yang nantinya dibeli berbanding lurus dengan harga, fasilitas, fitur yang ditawarkan oleh Embarcadero Technologies.

    Mari kita ketahui apa saja ketiga edisi Delphi 2010:

    Delphi 2010 Profesional
    Delphi 2010 Profesional dibuat untuk pengembangan dan perancangan aplikasi yang berjalan di sistem operasi Windows, aplikasi layar sentuh, baik dengan atau tanpa keberadaan database lokal dan database terintegrasi. Edisi Profesional menyediakan segala hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi secara mudah dan cepat.

    Fitur-fitur yang ada pada Delphi 2010 Profesional adalah, sebagai berikut:
    • Koneksi database lokal ke database server InterBase, BlackFish SQL dan MySQL.
    • Implementasi BlackFish SQL pada sistem dengan 1 pengguna/user dan kapasitas database maksimum 512 Mb.
    • VCL for the web dengan dukungan hanya untuk aplikasi standalone dengan batasan hingga lima koneksi. Tidak ada dukungan untuk ISAPI atau HTTPS.
    • Memperkenalkan kode audit dan metrik untuk lebih memahami style dari kode dan perkembangan proyek.
    • Visualisasi kode UML mulai dari representasi visual dari kode sumber agar lebih mudah dimengerti.
    Delphi 2010 Enterprise
    Delphi 2010 Enterprise dibuat untuk pengembangan dan perancangan aplikasi client maupun server, multi-tier, dan aplikasi web yang berjalan di sistem operasi Windows. Edisi Enterprise sendiri memberikan koneksi yang baik dengan berbagai macam server database dan sumber data enterprise, pengembangan pemodelan UML, serta tool yang sesuai dalam mengembangkan aplikasi berkualitas.

    Fitur-fitur yang ada pada Delphi 2010 Enterprise adalah, sebagai berikut:
    • Koneksi database server ke InterBase, BlackFish SQL, Firebird, MySQL, Microsoft SQL Server, Oracle, DB2, Informix dan Sybase pada saat mengembangkan aplikasi berbasis Windows.
    • Dukungan terhadap pengembangan aplikasi DataSnap multi-tier.
    • Implementasi BlackFish SQL pada sistem dengan 4 user/pengguna dan kapasitas database maksimum 2 Gb.
    • VCL for the web dengan dukungan hanya untuk aplikasi standalone, aplikasi service, dan ekstensi ISAPI dengan dukungan HTTPS tanpa batasan koneksi.
    • Set lengkap dari 80+ kode audit dan 200+ kode metrik untuk lebih memahami style dari kode dan perkembangan proyek.
    • Dukungan pemodelan UML dua arah secara penuh dengan beberapa tipe diagram, sinkronisasi antara kode dan model, generasi dokumen serta pattern dokumen.
    Delphi 2010 Architect
    Delphi 2010 Architect dibuat untuk pengembang aplikasi yang merancang dan membuat aplikasi client/server dengan data yang intensif, dan aplikasi web dengan ssitem database berskala enterprise. Edisi Architect meliputi semua yang terdapat dalam versi Enterprise, termasuk fasilitas pemodelan dan desain data dari Embarcadero ER/Studio. Edisi Architect memang dibuat khusus bagi para pengembang software yang ingin melakukan desain dan pengelolaan database secara efektif, efisien dan optimal.

    Fitur-fitur yang ada pada Delphi 2010 Architect adalah, sebagai berikut:
    • Reverse-engineer, analyze, dan optimasi database.
    • Otomatis membangkitkan (generate) kode database dari model untuk forward engineering.
    • Diperlengkapi dengan kemampuan menciptakan model fisik dan logika berdasarkan informasi yang diambil dari database dan file skrip.
    • Bekerja dengan diagram dapat dibaca dan dinavigasi dengan baik.
    • Kemampuan dua arah yang baik dalam membandingkan dan menggabungkan model dan struktur database.
     
    Delphi 2010 versi Architect


    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN