Selasa, 29 November 2011

Google Menutup Layanannya

Lagi asyik membaca berita tentang teknologi di situs berita, Kompas. Saya terkejut dengan ditutupnya beberapa layanan dari Google. Wah, apa saja yah layanan yang ditutup oleh Google? Salah satu layanan yang ditutup oleh Google merupakan layanan yang banyak digunakan oleh Blogger.


1. Google Bookmark List. Layanan yang digunakan user untuk mendapatkan hasil pencarian lebih personal karena bisa menandai dan menyimpan hasil pencarian yang dianggap oleh user itu penting, dengan menyimpan pencarian tersebut atau istilahnya "Bookmark", layanan ini juga bisa membagi bookmarknya ke orang lain. Layanan ini diluncurkan bulan Maret lalu dan ditutup pada 19 Desember 2011. Untuk user bahasa Inggris memang dinonaktifkan, tetapi untuk user lain tetap bisa memakai. Seperti gambar dibawah ini yang saya ambil dari situsnya langsung: https://www.google.com/bookmarks/l

Google Bookmark
2.Google Friend Connect. Layanan yang banyak digunakan oleh blogger dan pemilik website untuk bersosialisasi dengan sesama blogger. Mulai dari memberikan komentar, sign-in, melihat pengunjung blog lain dan partisipasi pada polling. Layanan ini akan ditutup bagi situs non-blogger dimulai 1 Maret 2012. Dengan dihentikannya layanan ini, Google ingin website atau blog yang memakai layanan ini menggantinya dengan membuat akun di Google+ dan menaruh badge Google+ untuk di follow sekaligus juga mengarah ke halaman Google+.

Google Friend Connect
3. Google Knol. Layanan ini diluncurkan pada tahun 2007. Layanan yang mirip dengan Wikipedia, yaitu menyediakan artikel. Layanan ini akan ditutup mulai 1 Mei 2012, pengguna Google Knol diberi batas waktu antara tanggal 1 Mei sampai 1 Oktober 2012 untuk mendownload filenya ke Annotum, pengganti Google Knol yang basis open source. http://knol.google.com/

Google Knol
4. Google Gears. Layanan yang seperti software bisa diunduh di http://gears.google.com/, digunakan untuk menjadikan aplikasi web berjalan baik dengan penambahan fitur-fitur baru di penjelajah. Dirilis pertama kali pada Mei 2007, software ini dinamai Google Gears, lalu berubah menjadi Gears untuk dapat dikerjakan secara terbuka. Sebagai ganti Gears, Google akan mengembangkan kemampuan serupa di HTML 5.

Google Gears
5. Google Search Timeline. Layanan pencarian yang digunakan user untuk melihat timeline sebuah kata pencarian tertentu. Walaupun tidak ada layanan ini lagi, Google sudah menyediakan layanan serupa yaitu Google Trends dan Google Insight Search.

Google Menutup Layanannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: