Rabu, 23 November 2011

Goodbye Yahoo! Site Explorer!

Pada hari ini yah seperti biasa, setelah Sabtu-Minggu yang menyibukkan dilanjutkan hari Senin yang menyibukkan juga. Akhirnya baru pagi ini bisa posting di blog tercinta. Setelah ditinggal lama dan ada yang memberi komentar di blog. Saatnya saya untuk membalas komentar tersebut. Pada saat membalas komentar tersebut, mata saya mengarah ke Webrank Toolbar di browser saya yang melihat kejanggalan. Kejanggalan tersebut disaat saya melihat pada bagian "Pages Indexed in Yahoo" yang hanya ada angka "0". Padahal seingat saya, blog saya terindex di Yahoo. Beberapa kali direfres page blog saya tetap aja angkanya "0".

Pages Indexed in Yahoo "0"
Nah, karena tambah penasaran bin aneh, akhirnya saya menuju situs Yahoo! Site Explorer untuk melihat blog saya. Dan ternyata di home Yahoo! Site Explorer tertulis sebuah pernyataan yang membuat saya tambah bingung (ya iyalah karena pakai Bahasa Inggris, hehe). Pernyataan tersebut adalah,
"With the completion of algorithmic transition to Bing, Yahoo! Search has merged Site Explorer into Bing Webmaster Tools. Webmasters should now be using the Bing Webmaster Tools to ensure that their websites continue to get high quality organic search traffic from Bing and Yahoo!.
Please check the following blog articles for more information
  • Microsoft Webmaster Tools to support Yahoo! Site Explorer Community
  • Site Explorer transition to Bing Webmaster Tools
We'd also like to recommend Sitemaps a useful mechanism to inform search engines about pages on their sites.
You can stay current with the latest news and information by visiting the Yahoo! Search blog site"

nah, karena ga ngerti akhirnya saya pun menuju Google Translate. Ini terjemahannya,

"Dengan selesainya transisi algoritma untuk Bing, Yahoo! Search Site Explorer telah bergabung ke Tools Bing Webmaster. Webmaster sekarang harus menggunakan Bing Webmaster Tools untuk memastikan bahwa situs Web mereka terus mendapatkan lalu lintas organik yang tinggi kualitas pencarian dari Bing dan Yahoo!.
Silakan periksa artikel blog berikut untuk informasi lebih

  • Microsoft Webmaster Tools untuk mendukung Yahoo! Site Explorer Komunitas 
  • Site Explorer transisi ke Bing Webmaster Tools
Kami juga ingin merekomendasikan Peta Situs mekanisme yang berguna untuk memberitahu search engine tentang halaman di situs mereka.

Anda dapat tinggal saat ini dengan berita terbaru dan informasi dengan mengunjungi situs Yahoo! Search
blog"


Home Yahoo! Site Explorer
Karena bingung+penasaran+aneh bercampur satu, akhirnya saya pun bagi informasi ke grup Blogger Banua di Facebook. Yah, ternyata ada yang mengomentari kiriman saya di grup FB, dan memberikan link blognya: http://1h2j.gaptekupdate.com/yahoo-site-explorer-shutting-down/


Dari blog bang Ebo tersebut memberitahukan bahwa ternyata layanan milik Yahoo! yaitu Yahoo! Site Explorer ini tidak akan digunakan lagi semenjak tanggal 21 November 2011.


Oke, kita kembali ke pernyataan yang ada di Home Yahoo! Site Explorer yang mengatakan bahwa mereka telah melakukan transisi atau perpindahan atau bergabungnya Yahoo! Site Explorer ke Bing Webmaster Tools yang merupakan layanan webmaster dari Microsoft. Transisi algoritma ini dimulai dari penyamaan/penggabungan algoritma pencarian mereka berdua untuk membantu webmaster yang mempunyai blog/web dalam peningkatan trafik lewat search engine mereka. Penyamaan/penggabungan algoritma pencarian ini tidak hanya bertahan dalam persepsi menjadi satu kesatuan, tetapi yaitu pengembangan yang lebih jauh dalam meningkatkan kualitas trafik pengunjung situs website dan blog.


Sebelumnya beberapa hari yang lalu pun saya membuat postingan tutorial tentang mensubmit blog atau website ke Yahoo! Site Explorer : http://jalannyauzanks.blogspot.com/2011/11/cara-daftar-blogweb-anda-di-yahoo.html

Goodbye Yahoo! Site Explorer!

Goodbye Yahoo! Site Explorer! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

9 komentar:

Mr Simpel mengatakan...

yahoo banyak perubahan bulan ini , , ,

compression testing machine mengatakan...

iya nih yahoo banyak perubahan tapi makin bagus ya?

harga timbangan digital mengatakan...

mudah mudahan yahoo makin oke deh

inverter mitsubishi mengatakan...

setuju deh yahoo makin oke :D

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

@mr simpel: yup, perubahan pasti ada utk kepuasaan pengguna mereka

@compression testing machine: yup.. bagus atau tidaknya tergantung kita sebagai pengguna

@harga timbangan digital: yup.. mudahan makin oke...

@inverter mitsubishi: setuju juga..

Akhmad Graphy mengatakan...

waw..... ternyata .... !!!
nice posting bro blog walking juga :)

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

@akhmad: ternyata apa bro?

EBO mengatakan...

Wah ada namaku disebut2... bakar menyaaaaaan....

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

@bang ebo: wkwkwk.... apa hubungannya dgn bakar menyan???