Senin, 03 Oktober 2011

Tips Memakai Printer


Alhamdulillah yah bisa posting blog lagi. Bagi blogger-blogger yang latar belakangnya adalah mahasiswa pastinya dong makai printer untuk mencetak laporan dan tugas atau sejenisnya.


Nah disini aku membagikan tips-tips memakai printer. Supaya printer kalian tidak rusak, kalo rusak kan harus memperbaiki dengan biaya tinggi, belum lagi kalo printernya tidak bisa diperbaiki harus ganti total toh.


Berikut tips-tips dalam memakai printer:

  • Pakai Tinta yang Murah untuk Draft. Kalian bisa mendapatkan kualitas cetak yang baik dan awet dari tinta asli. Tapi, karena harganya pasti tinggi, perlu alternatifnya, yaitu pakai aja tinta kompatibel. Dengan banyaknya printer inkjet yang memiliki lima, enam, atau sampae tujuh tinta yang harus diganti. Contoh harga tinta hitam printer HP sekitar Rp200 ribu, sedangkan tinta isi ulang bisa dibeli dengan harga Rp30 ribu. Kalo tinta asli dari pabrik memang memberikan manfaat lebih karena asli. Tapi, jika kalian sering menggunakan printer untuk mencetak tugas atau laporan, pakai tinta kompatibel untuk menghemat anggaran uang.
  • Membeli Manual Perbaikan. Kalo kalian ingin tahu bagaimana cara memperbaiki model printer tertentu. Kalian bisa membeli manual perbaikan dari pabriknya. Manual ini berisi banyak sekali tip troubleshooting, diagram pemasangan, dan informasi perbaikan yang lainnya. Dengan adanya manual perbaikan, kalian dapat memperbaiki printer dengan mudah.
  • Saat Mengganti Spare Part Harus Hati-Hati. Printer kan terbuat dari material yang mudah patah, seperti plastik. Kalian harus hati-hati pada saat memasang dan memperbaikinya. Khususnya pada tutup dan case karena tab plastik kecil yang menahannya biasanya mudah pecah. Jika kalian mengalami kesulitan pada waktu memasang spare part printer, kesabaran dan ketelitian lah yang perlu diperhatikan. Lihat bagaimana spare part itu terhubung, bisa sajakan salah pasang, dipasang dari arah yang salah atau tidak terhubung seperti yang kalian pikirkan.
  • Mengganti Roller Tua dan Rusak. Roller printer yang rusak merupakan penyebab lain terjadinya paper jam. Saat roller mencapai akhir masa pakainya, permukaannya mengilat dan licin sehingga kertas bisa slip. Ini bisa menyebabkan  kertas tidak bisa diambil dari paper tray atau menyebabkan kertas dimasukkan secara salah. Buat yang makai printer laser, masa pakai roller biasanya sama seperti perangkat maintenance printer. Oleh karena itu, jika kalian mengganti roller pada waktu mengganti perangkat maintenance, kalian tidak akan mengalami banyak masalah dengan feed roller. Namun, printer tinta biasanya tidak memerlukan tune-up seperti printer laser sehingga kalian tidak perlu mengganti feed roller secara rutin. Biasanya, pabrikan akan menawarkan perangkat yang bisa kalian gunakan untuk menggosok permukaan roller sehingga bisa mengambil kertas dengan baik. Perangkat ini termasuk juga bantalan penggosok yang padat dan program untuk memutar feed roller di bantalan tersebut sehingga roller tergosok. Jika pabrikan printer kalian tidak menyediakan perangkat semacam itu, kalian bisa melakukannya dengan penggosok kecil. Pastikan kalian menggosok roller secara merata.
  • Pakai Jalur Selurus Mungkin untuk Label. Saat kalian mencetak label, sedapat mungkin hindari jalur kertas yang banyak lekukan atau putaran.Contohnya, gunakan feed tray manual supaya label bisa masuk langsung ke dalam printer tanpa ditekuk. Jika printer mempunyai jalur keluar tambahan yang menghindari label melalui roller, kalian harus menggunakannya. Mengurangi jumlah roller yang dilalui label dapat memperkecil kemungkinan tertariknya label dari kertas tempatnya dan menempel pada sesuatu di dalam printer.
  • Pakai Label Kualitas Tinggi. Jika kalian menggunakan printer untuk membuat label, gunakan label kualitas tinggi. Ini bahkan lebih penting daripada menggunakan kertas berkualitas tinggi karena label murahan bisa benar-benar merusak printer kalian. Pada waktu dilewatkan melalui fuser atau roller, label bisa dilepas dari kertas tempatnya dan menempel ke permukaan pertama yang bersentuhan dengannya. Ini bisa merusak bagian printer karena kalian harus mencabut label apalagi yang tidak bisa mencabut label jadi susah atau juga terpaksa mengganti bagian tersebut. Jika yang terkena adalah fuser, biaya perbaikannya mahal. Label kualitas tinggi tidak mudah lepas sehingga kalian bisa menggunakannya tanpa perlu merasa takut merusak printer.
  • Simpan Kertas di Tempat yang Kelembapannya Rendah. Tempat yang mempunyai kelembapan tinggi bisa membuat kertas lengket sehingga menyebabkan paper jam dan paper feed error. Hal ini terutama terjadi pada printer low-end yang mekanisme paper feed tidak bisa memisahkan kertas di paper tray secara maksimal. Supaya kertas tidak lengket dan masuk secara bersamaan, simpan kertas di tempat yang sejuk dengan kelembapan rendah dan letakkan printer kalian di tempat dengan kelembapan rendah.
  • Jangan Kibas-Kibas Kertas pada Saat Memasukkan ke Printer. Ada anggapan umum bahwa mengibas-ngibaskan kertas sebelum memasukkannya ke paper tray akan mengurangi terjadinya paper jam. Ini tidak sepenuhnya benar dan kalian harus menghindari hal tersebut karena bisa menghasilkan arus statik di antara lembaran kertas, yang malah akan menyebabkan terjadinya paper jam. Kecuali jika kalian berada di tempat dengan kelembapan tinggi, kalian bisa langsung memasukkan kertas ke paper tray tanpa perlu khawatir kertas akan menempel. Printer sekarang bisa memisahkan dengan baik kertas di paper tray.
  • Pakai Kertas Kualitas Tinggi. Meskipun dengan kertas 70 gsm sudah mencukupi untuk sebagian besar percetakan, supaya hasilnya bagus kalian harus menggunakan paling sedikit kertas 80 gsm. Untuk mengetahui jenis kertas yang harus digunakan untuk printer kalian, sebagian besar pabrikan printer memberitahukan standar minimum kertas. Jika kertas kalian tidak memenuhi standar tersebut, vendor tidak akan memberikan garansi sampai kalian menggunakan jenis kertas sesuai. Lebih enaknya kalian lihat dokumentasi printer kalian atau kunjungi situs web pabrikan untuk mengetahui standar kerta yang digunakan.
  • Jangan Pakai Kertas Lecek, Lama, atau Bekas. Kertas cacat bisa menyebabkan paper jam. Setiap kali terjadi paper jam, ada kemungkinan bagian lain rusak. Untuk mencegah terjadinya paper jam dan masalah lain, gunakan selalu kertas baru yang tidak lecek ataupun cacat.
  • Bersihkan Bagian Dalam Printer. Tindakan pencegahan terbaik yang kalian lakukan adalah menjaga bagian dalam printer sebersih mungkin. Debu dan kotoran bisa langsung terlihat pada waktu kalian membuka printer. Paling sedikit sekali sebulan atau jika kalian sering mencetak, gunakanlah  semprotan angin untuk meniup debu dan kotoran dari printer.
Printer

Tips Memakai Printer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: