Jumat, 14 Oktober 2011

Soal Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)



1.       Jelaskan model mental dalam IMK dan contohkan pengaruhnya dalam perancangan interface dan sistem?
2.       Jelaskan teori kognitif dan jelaskan langkah pengolahan informasi pada manusia dan contohnya?

Jawab

1.       Model mental dalam IMK adalah dimana manusia sebagai user dapat memahami sistem itu bekerja, apa saja komponen sistem tersebut, bagaimana hubungannya, apa proses-proses internalnya dan bagaimana operasi tersebut mempengaruhi komponennya. Model mental diperlukan karena jika sistem tersebut tidak bisa merepresentasikan mental manusia (user) secara baik, maka interaksi yang terjadi antara sistem dan pemakai niscaya akan mengalami hambatan-hambatan. Manusia (user) merasa tidak nyaman dalam menggunakan sistem tersebut, bahkan bisa terjadi kesalahpahaman karena manusia (user) bingung dalam memakai sebuah sistem.
Contoh pengaruhnya dalam perancangan interface dan sistem adalah saat user memulai program, user sudah memiliki apa yang ingin dilakukannya dalam pikirannya. Dan pada saat hasil program itu muncul tidak sesuai yang diinginkan oleh user, maka terjadi kesulitan dalam interaksi.
2.         Teori kognitif adalah memori dimana tempat proses informasi terjadi.
Langkah pengolahan informasi pada manusia adalah ide dasarnya adalah bahwa informasi masuk dan keluar dari pikiran manusia melalui sederet langkah proses yang urut. Informasi dari lingkungan disandikan ke bentuk representasi internal. Representasi internal dari rangsangan dibandingkan dengan informasi yang sudah tersimpan di otak. Membuat keputusan respon apa yang akan dipilih. Mengeksekusi respon yang telah dipilih dan melakukan tindakan yang diperlukan.
Contoh pengolahan informasi pada manusia adalah saat kita mencicipi jeruk kita mungkin akan merasakan manis dan asam pada buah jeruk tersebut.


Soal Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: