Sabtu, 15 Oktober 2011

Sejarah Google.Inc

Sejarah Google bermula dari pendirinya yaitu Larry Page dan Sergey Brin yang tidak puas menggunakan layanan mesin pencari pada saat itu. Melakukan pencarian pada masa itu seringkali membuahkan hasil yang tidak sesuai seperti yang diinginkan. Dan tambahnya lagi, hasil pencarian muncul dalam waktu lama. Dari situlah, mereka berdua berkolaborasi bekerja sama untuk mengorganisasi informasi yang terkumpul di dunia dan dibagikan kepada seluruh dunia.

Larry Page dan Sergey Brin menamai proyek mesin pencarinya dengan nama sandi "Backrub". Mengapa namanya Backrub? Karena teknologi yang dibuat untuk mengecek backlink untuk menentukan tingkat kepentingan suatu situs. Backlink sendiri adalah semua link dari halaman web lain yang tertuju ke sebuah situs. Setelah setahun berkutat dengan proyek Backrub, pada tahun 1997 Larry dan Sergey memutuskan mengganti nama mesin pencarinya dari nama Backrub menjadi Google.

Kenapa namanya Google? Ternyata nama Google tersebut muncul akibat dari salah eja kata "googol" yaitu istilah matematika yang berarti angka yang sangat besar, yaitu angka 1 yang diikuti seratus angka nol, atau 10 pangkat 100. Dari situlah, terdapat sebuah pemahaman bahwa Google menginginkan dengan nama Google bisa mengelola informasi di web yang tak terkira banyaknya.

Google semula menumpang operasinya di server milik Stanford University dengan domain google.stanford.edu. Mereka numpang selama lebih dari satu tahun, sampai jatah bandwith kampus penuh karena Google makin sibuk dengan pelayanan pencarian yang bertambah banyak. Sehingga dari situlah, membuat mereka mendaftarkan domain google.com pada tanggal 15 September 1997.

Larry dan Sergey berusaha mengembangkan Google supaya lebih baik dengan mencari dana dari inverstor. Google pun ditawari mereka kepada investor dengan harga USD 1 juta. Tapi, mereka ditolak oleh semua perusahaan, alasan perusahaan tidak tertarik dengan Google karena tidak penting bagi mereka.

Yahoo! pun sempat mereka tawari, mereka menghubungi David Filo, teman mereka yang ikut mendirikan Yahoo!. Pada saat itu, Filo setuju bahwa teknologi Google memang bagus, tetapi dia tidak bersedia membelinya dan menyarankan pada Larry dan Sergey untuk mendirikan perusahaan mesin pencari sendiri. Malah Filo berujar "Nanti kalau perusahaannya sudah berdiri dan berkembang, baru kita bicaraka lagi,".

Ada juga tanggapan lain dari seorang CEO situs portal yang berkata "Selama layanan kami 80 persen sama baiknya dengan kompetitor, itu sudah cukup bagus. Pengguna tidak peduli pada layanan pencarian."

Setelah mengumpulan uang, Larry dan Sergey berhasil mengumpulkan modal senilai USD 1,1 juta. Modal dana tersebut sekaligus cek sebesar USD 100.000 dari pendiri Sun Microsystems Andy Bechtolsheim, yang menginvestasikan uangnya pada perusahaan yang belum ada yaitu Google.

Pertama, Larry dan Sergey membeli sejumlah server dan menyewa garasi milik temannya Susan Wojcicki di 232 Santa Margarita, Menlo Park, California. Pada 4 September 1998 Google resmi menjadi perusahaan komersial, dan sudah boleh menyandang nama Google Incorporation (Google Inc.). Dan pegawai pertama mereka adalah Craig Silvester, teman kuliah di Ilmu Komputer Stanford, dan sama-sama bergelar master.


Sejarah Google.Inc Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

0 komentar: