Kamis, 27 Oktober 2011

John McCarthy, Penemu LISP Telah Tiada

Jujur selama belajar belajar pemrograman di jurusan Ilmu Komputer, baru tau ada nama bahasa pemrograman yaitu LISP yang merupakan singkatan dari LISt Processing. Baru taunya setelah membaca berita di Kompas Tekno yang ini nih linknya ==> http://tekno.kompas.com/read/2011/10/26/23071878/Selamat.Jalan.John.McCarthy.Pencipta.Bahasa.Pemrograman.Lisp

John McCarthy penemu bahasa pemrograman LISP yang dibuat pada tahun 1958 dan berkaitan erat dengan bidang Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). LISP sendiri awalnya dirancang untuk memproses list dengan manipulasi simbol dengan komputasi numerik padahal awalnya dirancang untuk komputasi non-numerik. LISP dikenal dengan banyak sintaks dan coding yang penuh kurung. LISP sendiri merupakan bahasa pemrograman tertua setelah Fortran. John McCarthy menyandingkan bahasa pemrograman LISP dengan bidang Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) ini dikarenakan dia-lah penggagas keduanya.

John McCarthy lahir di Boston pada tanggal 4 September 1927 dan tutup usia pada umur 84 tahun pada tanggal 24 Oktober 2010. Bekerja sebagai Professor di Stanford University pada tahun 1962 dan pensiun di tahun 2000.

John McCarthy mengatakan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) adalah menanamkan dan memodelkan proses-proses berpikir manusia kepada mesin sehingga mesin bisa cerdas bertindak dan berperilaku sebagai manusia. Fitur LISP seperti kontrol dinamis, administrasi memori otomatis, penggunaan fungsi sebagai parameter dan fleksibel sebagai prosedur dalam teknik pengaburan yang membuat disukai programmer bidang Artificial Intelligence.

John McCarthy (sumber:cNet)

John McCarthy, Penemu LISP Telah Tiada Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

2 komentar:

Royan Naimi mengatakan...

Mantap...

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

Royan Naimi: mantap jua pa!