Sabtu, 17 September 2011

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)



Apa itu Perangkat Lunak (PL)?
Jawab: Perangkat Lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Perangkat Lunak dapat berupa program atau prosedur.


Apa itu Program dan Prosedur?
Jawab: Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer, sedangkan Prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi.


Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak?
Jawab: 
Klasik= Penerapan prinsip engineering untuk memperoleh software yang ekonomis, reliable dan bekerja efisien pada komputer.


IEEE= (1) Penerapan secara sistematis, disiplin pendekatan terukur pada pengembangan pengoperasian dan pemeliharaan software (2) Studi terhadap (1).


Jadi, Rekayasa Perangkat Lunak adalah ilmu yang membahas semua aspek produksi Perangkat Lunak, dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikas dari kebutuhan pengguna, desain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.



Tujuan dari pembelajarn Rekayasa Perangkat Lunak adalah dimana kita bisa menekan Biaya (baik pembuatan dan perawatan) seminim dan serendah mungkin dan memanfaatkan Waktu yang diberikan secara efektif dan efisien sehingga menghasilkan Kinerja yang tinggi, andal dan tepat waktu.
Lebih mudahnya dipahami lewat gambar dibawah ini tentang tujuan Rekayasa Perangkat Lunak.

Gambar Segitiga Hubungan Biaya, Waktu, dan Kinerja
Sejarah masuknya mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak ke perguruan tinggi dikarenakan telah terjadinya krisis Perangkat Lunak pada tahun 1960-an. Hal ini dipicu oleh banyaknya kegagalan produksi Perangkat Lunak sehingga anggaran dana pun semakin menipis dan faktor lainnya. Selain itu, pada masa itu juga Rekayasa Perangkat Lunak hanya menjadi konsumsi bagi kalangan bisnis dan cuma berkembang di kalangan bisnis (jalan di tempat). Untuk itulah diadakan pertemuan dan akhirnya dimasukkanlah Rekayasa Perangkat Lunak di perguruan tinggi sebagai mata kuliah dengan harapan akan berkembang di masa mendatang. 


Bill Gates dengan Microsoft-nya dianggap sebagai intelektual muda yang lahir dari perguruan tinggi. Rekayasa Perangkat Lunak hanyalah sebuah teori, tetapi patut diketahui RPL berkaitan erat dengan semua bidang yang akan digeluti oleh lulusan komputer seperti, bisnis dan manajemen. Dan Bill Gates pun mengamalkan apa yang diketahuinya tentang Rekayasa Perangkat Lunak pada Microsoft.


Rekayasa disini bukan berarti konotasi negatif terhadap Perangkat Lunak. Rekayasa diarahkan kepada positif Perangkat Lunaknya. Menghasilkan yang terbaik, bermanfaat dan kemaslahatan manusia. Perkembangan hardware (perangkat keras) yang cepat membuat software (Perangkat Lunak) harus ikut menyesuaikan.


#Catatan aku di Kuliah Perdana dan Terakhir Rekayasa Perangkat Lunak. Pertama kali aku turun kuliah tersebut dan terakhir aku tidak masuk perkuliahan ini. Dimana aku mengganti mata kuliah ini dengan mata kuliah lain. Berarti tahun depan ketemu lagi sama mata kuliah ini. Huft!

9 komentar:

Poskan Komentar