BLANTERORBITv102

    Blogger Banua Menuju Blogger Nusantara 2011

    Sabtu, 17 September 2011

    Lets Go! Blogger Banua Menuju Blogger Nusantara 2011


    Blog yang disingkat dari web log merupakan aplikasi web berisi tulisan-tulisan berupa artikel, essay dan sejenisnya, dikenal dengan istilah posting. Blog dulunya diisi dengan curhatan sehingga dikenal dengan diary online. Semakin berkembangnya internet ke seluruh dunia, semakin merubah paradigma dalam membuat blog yang semula hanya untuk tulisan dari pikiran atau curhat. Tetapi menjadi sebuah pekerjaan untuk menghasilkan uang dari nge-blog

    Passive Income atau pendapatan yang didapatkan secara pasif, itulah yang dilakukan oleh Blogger (sebutan bagi yang nge-Blog) dengan membuat blog diisi iklan lalu pengunjung blog meng-klik iklannya, dan dari iklan itulah uang didapatkan. Selain itu, ada juga penghasilan dari nge-Blog lewat posting berbayar, jualan link, afiliasi dan banyak lagi.

       Seiring dengan waktu juga, para Blogger membentuk sebuah ikatan atau komunitas yang didasarkan atas kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus atau sekolah, kesamaan hobi, kesamaan jenis blog dan lain-lain. Komunitas blogger ini biasanya mengadakan kegiatan bersama seperti sharing, diskusi dan lain-lain. Kegiatan tersebut di dalam komunitas blogger pun diberi istilah kopi darat (kopdar). Untuk mengikuti komunitas blogger ini, biasanya ada syarat tertentu, contoh komunitas blogger daerah yang mempunyai syarat yaitu berasal dari daerah komunitas tersebut.

    Blogger Banua dibentuk atas kesamaan asal daerah dari blogger, yaitu daerah Kalimantan Selatan. Disini Blogger Banua dihuni oleh blogger-blogger yang berasal dari Kalimantan Selatan, mulai dari blogger yang berdomisili tetap di Kalimantan Selatan, pernah tinggal di Kalimantan Selatan tapi sekarang di daerah lain dan juga lagi merantau ke daerah lain.

    Walaupun masih seumur jagung, komunitas Blogger Banua sekarang mempunyai anggota 200-an orang dan itu akan bertambah dengan seiringnya waktu. Kegiatan kopdar (kopi darat) Blogger Banua pun sudah dilakukan sebanyak 4 kali. Keinginan kopdar pun berlanjut ke depannya untuk keberlangsungan komunitas blogger ini. Semangat Blogger Banua untuk mengenalkan Blog sebagai media pendidikan dan berbagi ke kalangan pengguna internet baru sangatlah besar.

    Sebuah undangan besar diterima oleh Blogger Banua dari Blogger Nusantara untuk menghadiri dan memeriahkan Kopdar 1000 Blogger Nusantara. BloggerNusantara dibentuk untuk mengumpulkan blogger Indonesia dari semua komunitas dan semua daerah. Kopdar 1000 Blogger Nusantara merupakan sebuah kegiatan untuk menyatukan Blogger Indonesia dalam satu waktu, satu tempat, satu tujuan, satu semangat, satu persaudaraan dan satu kebersamaan. Ajang ini selain untuk berkumpul, juga berbagi pikiran bersama dan menghasilkan keputusan untuk diri blogger dan utamanya memberikan dampak positif untuk Indonesia.

    Oleh karena itu, Blogger Banua pun akan ikut kegiatan Kopdar 1000 Blogger Nusantara. Dan Blogger Banua telah mencanangkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan terbesar komunitas Blogger Banua sehingga untuk itulah diberi nama ”Blogger Banua Menuju Blogger Nusantara 2011”. Dengan ini, Blogger Banua telah siap untuk berpartisipasi dalam kegiatan ter-akbar Blogger Nusantara.

    Blogger Banua 
     

    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN