BLANTERORBITv102

    Mengukur Influence Blog dengan BlogLevel

    Selasa, 02 Agustus 2011
    Edelman Digital, sebuah perusahaan digital ini meluncurkan tool untuk seseorang yang ingin mengetahui seberapa kuat pengaruhnya di dunia maya. 2 layanan Edelman ini adalah TweetLevel dan BlogLevel. Nah, karena saya mau mencoba tool ini dan mengetahui seberapa pengaruhnya blog saya di dunia maya, maka saya menggunakan BlogLevel.

    Ketik alamat websitenya http://bloglevel.edelman.com/ dan enter. Lalu muncul halaman utamanya. Masukkan saja link blogmu, seperti saya memasukkan link blog saya, http://jalannyauzanks.blogspot.com/

    Tunggu saja selama beberapa detik, BlogLevel akan melakukan penghitungan terhadap blog kita.

    BlogLevel menggunakan algoritma dan 40 metrik yang berbeda antara orang-orang yang menggagas ide orisinal dan orang yang menyebarkan ide tersebut. "Jadi semakin mudah blog itu dicari di search engine, maka akan membuat skornya juga naik"kata Nanda Ivens, Direktur Edelman Digital (sumber:BPost).


    Nah screenshot tuh ada yang garis merah di Blog Rate menandakan rating blogmu, kalo rating blog saya dapat 17,6.


    Untuk itu ada 4 penilaian secara angka yaitu Influence (pengaruh), Popularity (Popularitas), Engagement (Keterlibatan) dan Trust (kepercayaan).



    Screenshot diatas adalah chart yang melihat untuk 4 penilaian yang ada pada blog kita. Tinggal pilih pada Weightage Types untuk memilih penilaiannya.

    BlogLevel juga memperhitungkan diskusi di platform media sosial dan SEO (Search Engine Optimization). BlogLevel membuat peringkat pentingnya sesuatu menurut banyaknya posting yang dibahas di Twitter dan dioptimalkan di search engine (sumber: BPost).



    Metodologi Penghitungannya BlogLevel


    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN