Kamis, 21 Juli 2011

Wikipedia.com, Situs Ensiklopedia Terlaris di Dunia Maya


Semua teman-teman kalau ditanya apakah pernah menggunakan Wikipedia.com. Pastinya menjawab, pernah dan selalu menggunakannya. Teman-teman menggunakan Wikipedia.com untuk mencari informasi buat konsumsi sendiri atau malah mencari bahan tugas sekolah dan kampus dengan situs ini. Ya, Wikipedia.com merupakan buku ensiklopedia versi internet /dunia maya/online yang terbuka bagi siapa saja untuk mencari informasi mengenai suatu bidang dan ilmu pengetahuan.

Pendiri Wikipedia.com adalah Jimmy Wales dan Larry Singer yang didirikan pada 15 Januari 2001. Wikipedia yang diambil dari kata “Wiki” berasal dari bahasa Hawai, yaitu “Wiki-Wiki” yang berarti “Cepat”. Cepat, itulah yang diinginkan dari Wikipedia.com, dengan model basis data dengan cepat memberikan suatu informasi kepada pemakai internet. Dan dengan mengusung konsep ensiklopedia inilah, Wikipedia.com bertujuan sebagai situs  informasi seperti buku ensiklopedia yang disusun lengkap untuk memberikan informasi suatu bidang dan ilmu pengetahuan sehingga dijadikan acuan. Kebutuhan informasi  yang cepat memberikan inspirasi bagi Jimmy Wales dan Larry Singer untuk memulai membangun proyek ensiklopedia online.

Membuat ensiklopedia versi dunia maya tidaklah mudah, sama tidak mudahnya dengan membuat buku ensiklopedia. Dibutuhkan bahan-bahan tulisan berupa artikel,catatan dan lain-lain yang akurasi kebenaran dan fakta-faktanya dapat dipertanggungjawabkan. Kendala tersebut berhasil diatasi saat mereka bertemu dengan Ward Cunningham, yang kemudian menggagas ide Wikipedia, yaitu sebuah ensiklopedia yang dapat diisi oleh siapa pun, apa pun, dan kapan pun mereka mau.

Wikipedia.com berkembang dengan pesat sebagai rujukan ensiklopedia online untuk semua pengguna internet. Wikipedia.com muncul pada hasil urutan teratas dalam mesin pencarian, walaupun banyak memasukkan kata kunci (keyword) dalam mesin pencari seperti Google. Wikipedia.com merupakan situs yang independen dan tidak mau dikomersialkan. Filosofi yang dipegang oleh Wikipedia.com adalah bahwa semua konten di Wikipedia dibuat oleh semua orang dan bebas diakses oleh semua orang. Wikipedia.com mendapatkan dana operasional murni dari sumbangan para penggunanya sebagai donatur.

Kehadiran Wikipedia.com memunculkan keragu-raguan dan ketidak percayaan terhadap konten pada situs ini. Sehingga, banyak yang menanyakan kebenaran dan fakta dari isi konten situs Wikipedia.com. Wikipedia juga membuat acuan dalam penulisan konten yaitu netral, bebas, memegang kode etik penulisan, serta aturan yang tidak kaku. Ketakutan terhadap isi konten yang tidak netral terhadap seseorang atau golongan dan menjelekkan hasil karya orang atau golongan selalu muncul. Patut kita ketahui bahwa yang mengisi konten bukan hanya pihak Wikipedia, tetapi orang atau golongan yang juga menjadi pengisi isi konten situs tersebut. Diharapkan pengisi konten Wikipedia.com bisa menjunjung tinggi nilai keadilan dan kebenaran dalam menyumbangkan tulisan terhadap situs Wikipedia.com. Semoga!
situs Wikipedia

               Tabloid PC Mild

Wikipedia.com, Situs Ensiklopedia Terlaris di Dunia Maya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: