BLANTERORBITv102

    Spanyol, Timnas dengan Pemain Termahal

    Rabu, 27 Juli 2011
    Kesuksesan menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, membuat harga pemain-pemain timnas Spanyol menjadi tinggi. Sehingga, di bursa transfer menjadi incaran oleh klub-klub besar. Sayang sekali, kebanyakan pemain tersebut adalah pemain utama di klub masing-masing dan menjadi ikon serta motor serangan klub. Label "Not For Sale" pun disematkan di dada pemain tersebut.

    Banyak pemain yang kontrak dengan klubnya masing-masing masih lama, sehingga kalau ada yang berani bayar klausul buy out jika pemain yang ingin dibeli masih dalam kontrak lebih dari satu musim. Berikut ini harga 23 pemain Spanyol yang menjuarai Piala Dunia 2010:

    KIPER
    Iker Casillas
    Kiper dan kapten Spanyol dan Real Madrid ini bernilai tinggi bagi klubnya, setelah kepergian Raul Gonzalez, dia menjadi ikon asli didikan Real Madrid. Sehingga nilai Casillas tinggi dengan klausul buy out 150 juta euro dan harga transfer 35 juta euro.
    sumber: RFEF
    Victor Valdes
    Kiper terbaik Barcelona saat ini mempunyai nilai jual tinggi, walaupun di timnas tidak bisa menggeser Casillas. Tapi performa dia di Barcelona dengan membawa gelar bagi klub dan pribadi (4 kali gelar Zamora, gelar kiper terbaik Liga Spanyol). Klausul buy out seharga 150 juta euro dan pasar transfer menghargai 20 juta euro.
    sumber: RFEF
    Pepe Reina
    Kiper Liverpool yang hebat dan belum tergantikan membuat nilai jual menjadi tinggi. Klausul buy out Reina adalah 150 juta euro dan harga pasar transfer 20 juta euro.
    sumber: RFEF

    BEK
    Sergio Ramos
    Ramos mampu ditempatkan sebagai bek tengah dan kiri ini membuat banyak klub tertarik kepadanya. Klausul buy out Ramos 150 juta euro dan harga transfer 30 juta euro.
    sumber: RFEF
     Gerrard Pique
    Umur muda dan langsung dipercaya menjadi palang pintu timnas dan Barcelona. Dengan perawakan tinggi besar dan kemampuan mencetak gol juga, membuat harga tinggi disematkan untuknya bagi klub yang ingin memilikinya. Klausul buy out Pique adalah 200 juta euro dan harga transfer 38 juta euro.
    sumber: RFEF
    Carles Puyol
    Pekerja keras dan berani meladeni penyerang merupakan ciri khasnya. Pemecah kebuntuan serangan dengan gol dari kepalanya itu juga keahliannya. Harga klausul buy out hanya 10 juta euro, tetapi harga transfernya lebih tinggi yaitu 20 juta euro.
    sumber: Google Images


    Alvaro Arbeloa
    Dari klub Liverpool mendarat ke Real Madrid, Arbeloa dicukup mumpuni dalam serangan dan pertahanan. Harga di bursa transfer Arbeloa masih berkisar 12 juta euro.
    sumber: RFEF
    Carlos Marchena
    Pemain yang berusia senja ini dilabeli di bursa transfer seharga 7 juta euro.
    sumber: RFEF
    Joan Capdevilla
    Bek kiri ini sudah berusia senja juga, tetapi mempunyai klausul buy out tinggi yaitu 30 juta euro. Berbanding terbalik dengan harga di bursa transfer 7 juta euro.
    sumber: RFEF
    Raul Albiol
    Albiol yang sekarang di Real Madrid mempunyai klausul buy out tergolong tinggi 80 juta euro, namun harga di bursa transfer masih dikisaran 15 juta euro.
    sumber: RFEF
    GELANDANG
    Xavi Hernandez
    Raja umpan dari Barcelona ini mempunyai kemampuan yang membuat setiap pelatih ingin memilikinya. Hal itulah membuat nilai Xavi tinggi di pasar transfer 50 juta euro dengan klausul buy out 80 juta euro. Sepertinya Xavi tidak akan ke klub lain dan pilihan pensiun di Barcelona sepertinya sesuai keinginan dia.
    sumber: Google Images
    Xabi Alonso
    Harga Xabi di bursa transfer diperkirakan 35 juta euro, mungkin Real Madrid akan melepasnya jika ada yang berani bayar 40 juta euro. 
    sumber: RFEF
    Sergio Busquets
    Menjadi andalan di Barcelona menemani Iniesta dan Xavi membuatnya dipanggil ke timnas. Ini menjulang harganya di pasaran, 30-40 juta euro dengan klausul buy out 150 juta euro.
    sumber: RFEF
    Andres Iniesta
    Kemampuannya jangan ditanya lagi, dia yang mencetak gol kemenangan sensasional bagi timnya. Harga di bursa transfer mematok 60-70 juta euro dengan klausul buy out 200 juta euro. Tinggi sekali.
    sumber: RFEF
    Javi Martinez
    Walaupun di bursa transfer berharga 20 juta euro, tetapi sang pemilik klub tidak akan menjual dengan harga segitu. 40 juta euro sesuai dengan klausul buy out-nya serasa sesuai dengan kemampuannya yang baru saja mengantarkan Spanyol U-21 juara Piala Eropa.
    sumber: RFEF
    Francesc Fabregas
    Pemain yang selalu dikabarkan akan kembali ke Barcelona ini dilepas dengan harga transfer 55 juta euro, tetapi Arsenal siap dengan harga 40 juta euro. Klausul buy out Fabregas berharga 65 juta euro.
    sumber:Google Images
    Juan Mata
    Meningkatnya klub peminat Mata membuat harganya dari 25 juta euro menjadi 30 juta euro. Dengan klausul buy out 60 juta euro.
    sumber: Google Images
    Jesus Navas
    Pemain sayap dari Sevilla ini dipasang klausul buy out 35 juta euro dengan harga transfer 25 juta euro.
    Sumber: Google Images
    David Silva
    Sejak dibeli dari Valencia seharga 30 juta euro oleh Man. City. Harga Silva diperkirakan mencapai 32 juta euro dan bisa mencapai 35 juta euro.
    sumber: RFEF
    PENYERANG
    David Villa
    Harga Villa mencapai 50 juta euro di bursa transfer dengan klausul buy out 200 juta euro. Prestasi terbarunya membawa Barcelona juara Liga Spanyol dan Liga Champions memungkinkan harga jual makin tinggi.
    sumber: RFEF
    Fernando Torres
    Chelsea membeli Torres dari Liverpool dengan mahar 58 juta euro. Tapi, produktifitas Torres yang lagi macet membuat harganya turun menjadi 46 juta euro. Klausul buy out seharga 65 juta euro.
    sumber: RFEF
    Fernando Llorente
    Llorente merupakan striker jangkung yang diminati banyak klub. Nilai klausul buy out 36 juta euro dengan harga di bursa transfer 20 juta euro.
    sumber: RFEF
    Pedro Rodriguez
    Posisi di depan telah didapatkannya di Barcelona sehingga menaikkan nilai jualnya menjadi 25 juta euro dan bisa lebih tinggi lagi. Klausul buy out Pedro seharga 75 juta euro.
    sumber: RFEF
    Kalau dihitung semuanya berarti harga satu timnas Spanyol adalah 679 juta euro kalau di rupiahkan (1 euro=12 ribu rupiah) yaitu sekitar 8,3 triliun rupiah. 
    Sumber harga transfer didapatkan di transfermarkt.de 
    Sumber gambar didapatkan di situs RFEF (situs Federasi Sepakbola Spanyol) dan Google Images.


    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN