Sabtu, 23 Juli 2011

Marhaban Ya Ramadhan

Sebentar lagi Ramadhan datang, kaum Muslim bahagia selalu menyambut bulan suci ini. Sebulan kita berpuasa menahan haus, lapar, hawa nafsu dan lain-lain. Kedatangan bulan Ramadhan atau bulan Puasa selalu ditunggu, mengapa ditunggu? Nah, untuk menjawab pertanyaan apa yang ditunggu orang dalam bulan Ramadhan. Mari kita bahas satu-satu. 

1. Balasan dari Allah SWT.
Puasa, shalat tarawih, tadarus, dan pengajian (kuliah tujuh menit/kultum, kuliah subuh dll) merupakan aktivitas ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Ibadah yang dilaksanakan dengan ikhlas dan sesuai tuntunan dari Allah SWT, akan diberi pahala. Jadi, rajin-rajin beribadahlah selama berpuasa dengan niat karena Allah SWT.

2. Kuliner Ramadhan
Makanan dan minuman khas pada bulan Ramadhan memang banyak dan beragam. Pastinya kita semua pengen mencobanya. Apalagi selama bulan Ramadhan, makanan dan minuman khas tersebut disediakan di pasar atau di pinggiran jalan. Malah, disetiap daerah dibuat khusus untuk pasar Ramadhan. Kalau di Kalimantan Selatan lebih dikenal dengan nama "Pasar Wadai". Ada juga di daerah khusus menyediakan kuliner khasnya pada saat berbuka puasa gratis.

3. Program TV khusus Ramadhan
Bagi media televisi selama sebulan penuh Ramadhan menyediakan program khusus. Mulai dari sahur ditemani dengan acara-acara baik ceramah, talkshow, bagi-bagi hadiah dll. Dan buka puasa selalu ditemani acara persis seperti sahur, mungkin lebih berbeda, mulai dari sinetron religi dan ada juga acara jalan-jalan ke luar negeri meliput kehidupan Ramadhan umat muslim di belahan dunia. Lebih khusus lagi saat mendekati lebaran atau hari raya Idul Fitri, media televisi biasanya menyiarkan pantauan warga yang pengen mudik lebaran mulai dari lalu lintas sampai tempat peristirahatan bagi yang mudik.

4. Musik, Sinetron, Film Religi
Pencinta musik, sinetron dan film di bulan Ramadhan akan dimanjakan dengan adanya kekhususan dalam musik, sinetron dan film. Musik religi bermunculan mulai dari solo, grup band, boyband/girl,dll. Musik religi baik nasyid, rock, pop, kasidahan, keroncong membuat pencinta musik bisa menikmatinya. Sinetron religi yang berkaitan dengan bulan Ramadhan begitu juga film, terkadang film ada yang berkaitan dengan Ramadhan tetapi kebanyakan berkaitan keseluruhan tentang Islam.

5. Gerebek Sahur
Setiap mau sahur, pasti ada acara keliling kampung untuk membangunkan orang yang mau sahur. Dengan alat musik seadanya, dengan lantunan musik kreatifitas sendiri, para warga terbangun dan bergegas menyiapkan makanan untuk sahur.

6. Kegiatan Ramadhan
Kegiatan Ramadhan ini seperti pesantren kilat dan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh sekolah atau organisasi Islam. Kegiatan ini selain mengenalkan Islam dan ajarannya, juga melatih kepribadian dan kepemimpinan.

7. Mudik Lebaran
Seminggu sebelum hari raya Idul Fitri, tradisi orang Indonesia yaitu mudik lebaran istilahnya. Pulang ke kampung halaman untuk silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga. Keramaian mudik lebaran pun terasa baik di terminal, stasiun dan bandara penuh oleh masyarakat yang akan pulang ke daerahnya masing-masing.


Nah, itu saja cukup yang dibahas, kalo ada tambahan komen aja di tempat komentar teman-teman. Saya uzanks atau iqbal, mohon maaf lahir dan bathin, misalkan ada salah atau khilaf selama berteman baik di dunia nyata maupun dunia maya. :)

Marhaban Ya Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

1 komentar:

Anonim mengatakan...

My brother recommended I might like this blog. He used to be entirely right.
This post actually made my day. You cann't believe simply how much time I had spent for this information! Thanks!

Look into my web blog; how to get your ex back fast