Rabu, 20 Juli 2011

Jepang Juara Piala Dunia Wanita

Pada bulan Maret lalu, Jepang mengalami musibah yang begitu besar dan berat, yaitu musibah alam gempa bumi dan tsunami. Kota-kota yang terkena bencana tersebut luluh lantak dan rusak berat dengan korban luka dan meninggal berjatuhan. Akibat gempa bumi dan tsunami itu juga berdampak pada PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) milik Jepang mengalami kerusakan yang membuat kecemasan atas radiasi nuklir.


Gelaran pesta sepakbola wanita terakbar yang bertajuk Piala Dunia Wanita 2011 diadakan di Jerman, menghasilkan juara baru yaitu tim nasional Jepang sebagai tim nasional wanita dari benua Asia yang pertama meraih gelar juara. Gelar prestisius ini pun menjadi hadiah bagi seluruh rakyat Jepang yang bangkit untuk menata setelah bencana alam gempa bumi dan tsunami kemaren.


Nadeshiko, julukan timnas wanita Jepang, berhasil mengandaskan favorit juara yaitu Amerika Serikat di final. Hasil imbang 2-2 sampai akhir pertandingan + extra time diteruskan dengan adu penalti. Ayumi Kaihori, kiper Jepang menjadi pahlawan dengan memblok tendangan penalti pemain Amerika Serikat yaitu, Shanno Box, Carli Lloyd, dan Tobin Heath. Cuma Abby Wambach yang berhasil menjebol. Sedangkan eksekutor penalti dari Jepang, Miyama, Mizuho Sakaguchi dan Saki Kumagai yang berhasil menunaikan tugas menjebol gawan Amerika Serikat, Hope Solo. Cuma Yuki Nagasato yang gagal.


Skor 2-2 tercipta pada waktu normal+extra time yang dihasilkan dari Jepang oleh Aya Miyama dan Homare Sawa, sedangkan Amerika Serikat oleh Alex Morgan dan Abby Wambach. 


Ayumi Kaihori, kiper Jepang (sumber: Yahoo)

Homare Sawa, kapten Jepang dapat Sepatu Emas & Pemain Terbaik (Sumber:Yahoo)

Daftar Juara Piala Dunia Wanita
1991: Amerika Serikat
1995: Norwegia
1999: Amerika Serikat
2003: Jerman
2007: Jerman
2011: Jepang


sumber:Yahoo
 Capaian sukses timnas wanita Jepang ini mendapat pujian mulai dari wapres FIFA Pangeran Ali Bin Al Husein notabene berasal dari Asia mengatakan, "Selamat kepada Jepang, JFA(Japan Football Association, PSSI-nya Jepang) dan semua rakyat Jepang. Ini kemenangan seluruh rakyat Benua Asia dan kita bangga kepada mereka". (diambil dari situs AFC).


Junji Ogura, Presiden JFA mengatakan,"Tidak ada presiden lebih bahagia dari pemenang Piala Dunia. Para pemain telah menunjukkan kecemerlangan sebagai wanita Jepang".

Sang pelatih, Norio Sasaki membina tim ini mulai dari Olimpiade di Beijing, sehingga kebersamaan mereka muncul di lapangan dan semangat masyarakat di Jepang yang mendukung. Apalagi setelah musibah bencana tersebut, liga sepakbola wanita libur, malah ada satu klub yang mengundurkan diri. 


Norio Sasaki, coach Jepang (sumber: yahoo)

Perjuangan sepakbola wanita Jepang patut Indonesia turut. Jepang memulai pembinaan dari akar rumput sehingga hasil yang diraih berakhir sukses dengan mendapatkan gelar juara Piala Dunia Wanita 2011. Indonesia perlu memberikan perhatian yang adil dan berimbang jangan cuma timnas pria yang diurus. Pengembangan timnas wanita mulai dari bawah, kembangkan mulai dari sekolah hingga perguruan tinggi lalu ke liga. Memang, timnas wanita tidak ada yang mengurus untuk sementara ini setelah saya cek ke situs FIFA. Apalagi setelah mencek situs PSSI, ternyata info itu tidak saya dapatkan karena situs dalam tahap pengembangan.


Harapan besar moga pengurus PSSI yang baru bisa memajukan sepakbola Indonesia baik timnas pria dan wanita. Semoga!

Jepang Juara Piala Dunia Wanita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

1 komentar:

jual jersey mengatakan...

mantep nih gan...