BLANTERORBITv102

    MEMILIH KULIAH JURUSAN KOMPUTER

    Minggu, 05 Juni 2011

    Bagi teman-teman yang baru saja lulus SMA/sederajat dan ingin meneruskan pendidikan ke tingkat tinggi seperti Universitas atau lebih kerennya disebut “KULIAH”. Nah, disini saya cuma share apa yang saya peroleh selama kuliah 2 tahun ini.  Bagaimana memilih kuliah di jurusan komputer? Lho koq bidang komputer saja? Saya jelasin alasannya:
    1.      Berkenaan dengan saya yang juga kuliah di bidang komputer tepatnya jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lambung Mangkurat. Ga’ salah kan kalau saya berbagi bagaimana kuliah Ilmu Komputer? Apalagi ga’ Cuma Ilmu Komputer, ada juga jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan lain-lain, yang ditawarkan perguruan tinggi.
    2.      Perkembangan teknologi komputer yang menjamur di Indonesia, contoh kantor pemerintah memakai komputer untuk sistem administrasi sehingga diperlukan tenaga ahli di bidang komputer mulai dari database, jaringan, programmer, web dan lain-lain.

    Berikut jurusan-jurusan TI di beberapa kampus di Indonesia:
    1.      Teknik Informatika
    Jurusan ini mempelajari masalah-masalah berkaitan dengan transformasi atau pengolahan fakta simbolik melalui komputer. Tujuannya untuk menciptakan tenaga ahli pemanfaatan komputer di bidang aplikasi, menguasai teknik dan metode penyelesaian masalah dengan menggunakan komputer, kemampuan merancang, serta menerapkan dan mengembangkan sistem berbasis komputer.
    Karena penekanan lebih diberikan kepada metode dan algoritma, sehingga dibutuhkan kemampuan penunjang seperi logika, algoritma (berpikir sistematis), kemampuan kognitif yang baik dan pastinya menyukai teknolohi informasi.
    Sejumlah kompetensi yang harus dimiliki dalam teknik informatika yaitu adalah rekayasa perangkat lunak & komputasi, sistem kecerdasan buatan (Intelligent System), Database Technology & Data Mining, sistem jaringan komputer terdistribusi, grafik komputer dan pemrosesan gambar, pengelolaan program perangkat bergerak, dan pembuatan program multimedia. Secara ringkas, bidang peminatan bidang studi ini adalah informatika teoritis, rekayasa perangkat lunak dan sistem informasi, dan sistem terdistribusi (network).
    2.      Ilmu Komputer
    Jurusan ini memfokuskan studi pada rancangan dan pengembangan komponen perangkat keras dan perangkat lunak dari komputer sebagai sebuah sistem. Sehingga, kalian akan belajar untuk mampu melakukan pengkajian dari aspek perancangan dan implementasi arsitektur perangkat keras maupun perangkat lunak, khususnya dalam hal arsitektur fungsional dan kinerja sistem komputer. Juga tentang berbagai komponen komputer, proses assembling, serta evaluasi performa dan jaringan komputer.
    Kompetensi dasar jurusan ini adalah jaringan dan telekomunikasi, perangkat automasi dan robotik, sistem digital, manajemen sistem komputer, dan sistem teknologi bergerak. Kemampuan khusus seperti mendesain, implementasi, hingga monitoring sistem jaringan data telekomunikasi, baik kabel maupun nirkabel yang akan kalian dapatkan di jurusan ini.
    3.      Sistem Informasi
    Sistem informasi adalah sebuah sistem dimana teknologi komputer diaplikasikan untuk kebutuhan informasi suatu organisasi. Oleh karena itu, jurusan ini lebih menekankan padapenyediaan solusi informasi berbasiskan komputer, sehingga otomatis melibatkan unsur manajemen, tata kelola/organisasi, serta pengelolaan perangkat lunak dan jaringan. Jadi, alih-alih algoritma dan programming, penekanan lebih diberikan pada kompetensi desain sistem informasi dan pengembangan, database engineering, desain web, serta mendesain dan mengoperasikan jaringan komputer.
    4.      Komputerisasi Akuntansi
    Pada dasarnya Akuntansi merupakan cabang ekonomi yang mengkhususkan diri pada masalah penilaian dan komunikasi data-data ekonomis seperti laporan keuangan. Seiring perkembangan teknologi informasi di Indonesia, maka kebutuhan akan SDM yang mampu menangani bidang yang berkaitan dengan komputerisasi akuntansi atau teknologi informasi akuntansi. Jurusan ini kebanyakan strata D-III (D3). Jurusan ini bertujuan menghasilkan profesional di bidang akuntansi berbasis TI yang meliputi internal EDP auditor, analisis sistem komputerisasi akuntansi, dan konsultan komputerisasi akuntansi.
    5.      Manajemen Informatika
    Mengutamakan pada penguasaan pembuatan perangkat lunak aplikasi bisnis atau sistem informasi. Pada jenjang Diploma III, lulusan diharapkan dapat mengembangkan program berdasarkan rancangan yang telah ada. Sedangkan lulusan jenjang Sarjana diharapkan mampu melakukan analisa dan desain sistem yang baik sesuai kebutuhan pemesan. Seperti yang dibilang teman saya yang ambil jurusan D3 MI, “Kalo mau nyambung ke S1 ke Sistem Informasi (SI), garis besarnya lebih ke pemrogrammer, sehingga di SI mematangkan ke desain dan perencanaan SIM (Sistem Informasi Management) dalam suatu sistem”.
    6.      Teknik Komputer
    Teknik Komputer dikhususkan pada perangkat keras, troubleshooting pada komputer, serta pembuatan perangkat-perangkat yang meningkatkan performance komputer yang selanjutnya dapat diaplikasikan ke sistem kendali pada manufaktur
    7.      Desain Grafis
    Mungkin ada yang pengen jadi desainer logo, iklan, tv, film dan lain-lain. Dan kebanyakan berpikir (termasuk saya) bahwa jurusan komputer seperti yang telah dijelaskan di atas juga salah kaprah mengira di jurusan SI atau Ilkom bisa belajar desain grafis. Ternyata, untuk menjadi desainer ada jurusan tersendiri, yaitu Desain Komunikasi Visual (DKV) yang ada di ITB, Binus, dan Petra. Ada juga yang memberi nama jurusannya Desain Grafis. Tujuan adanya jurusan ini yaitu fokus pada ilmu dan keahlian dalam desain grafis berbasis Teknologi Komputer, Sistem serta Software Komputer Grafis yang memiliki kemampuan merancang karya desain komunikasi visual statis maupun dinamis.

    sumber: 
    Tabloid  PC Plus
    Google
    romisatriawahono.net

    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN