Minggu, 05 Juni 2011

Jas Merah, Bung!

Bagaimana sejarah hidupmu? Pastinya setiap orang mempunyai sejarah dalam hidupnya. Pastinya dia akan bercerita dari A sampai Z tentang dirinya, dari kecil sampai dewasa tentang perjalanan hidupnya. Sejarah akan selalu ada pada setiap orang untuk dikenang dan dipelajari.


Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah atau yang lebih dikenal dengan singkatan Jas Merah. Kalimat ini dipekikkan oleh Bung Karno, presiden pertama Republik Indonesia sekaligus proklamator kemerdekaan Republik Indonesia.


Bung Karno ingin mengatakan kepada kita bahwa dengan sejarahlah kita bisa merdeka atas penjajahan, dengan sejarahlah kesalahan-kesalahan masa lalu di Indonesia tidak akan terulangi lagi. Dengan cara apa kita tidak mengulangi kesalahan di masa lalu? Caranya kita harus mempelajari dan mengetahui inti permasalahan dari kesalahan tersebut lalu kita perbaiki di masa ini dan buah kesuksesannya di masa depan. Sesuai sekali dengan kata mutiara yaitu "Hadapi masa lalu tanpa penyesalan. Hadapi hari ini dengan tegar dan percaya diri. Siapkan masa depan dengan rencana yang matang dan tanpa rasa khawatir.” 




Teringat saat menonton film yang berjudul "Night at The Museum". Ceritanya aktor Ben Stiller yang memerankan tokoh penjaga museum yang bertugas di malam hari. Dia mendapatkan kejutan yang tak terduga yaitu seluruh penghuni museum hidup dan melakukan pekerjaan sesuai sifat penghuni museum tersebut. Seperti, Tyrex yang berjalan dengan rangkanya, suku Atilla The Hun yang buas mengejar Ben tanpa henti, presiden Amerika Serikat, Teddy Roosevelt dengan kudanya dan lain-lain. Kejadian pada malam itulah yang membuat Ben harus bertanya dan pada akhirnya dia diberi saran untuk belajar dan membaca buku tentang SEJARAH. Ben pun belajar sejarah dari pemandu museum, pergi ke perpustakaan untuk membaca buku sejarah dan pastinya googling di internet. Hasilnya, pada saat aksinya menangkap pencuri yang lari dengan kuda cepat pembawa uang yang konon katanya dapat berhenti jika meneriakkan kodenya yaitu "Dakota", dan memang berhasil, Ben menangkap pencuri tersebut berkat dia belajar sejarah dan mengetahui tentang sejarah kuda cepat tersebut.






Film tersebut menginspirasi kita, bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar sejarah, apalagi kita telah masuk ke bagian sejarah hidup kita. Tidak hanya sejarah hidup kita, tetapi sejarah bangsa, negara dan dunia, kita sudah merupakan bagian dari mereka. Dengan mempelajari sejarah masa lalu kita, kita bisa memperbaiki diri kita untuk menyongsong masa depan. Dengan mempelajari sejarah bangsa dan negara kita, kita dapat memperbaiki kesalahan masa lampau dan jadikan pelajaran untuk memajukan bangsa dan negara kita.

Jas Merah, Bung! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: