BLANTERORBITv102

    Iran Ingin Membuat Internet Sendiri

    Rabu, 15 Juni 2011
    Iran mengambil satu langkah ke depan dalam membuat proses sensor internet menjadi lebih efektif, yakni memutuskan diri dari dunia cyber dan menciptakan jaringan cyber sendiri. Para pemimpin di Iran melihat hal ini sebagai satu cara untuk mengendalikan internet. Alasan lainnya adalah cara ini untuk menghemat biaya dan menjaga moral bangsa.

    Inisiatif ini merupakan bagian keinginan pemerintah Iran dalam mengkonfrontasi apa yang mereka anggap sebagai ancaman penting, yaitu invasi online dari dunia Barat, terutama Amerika. Dalam pidatonya baru-baru ini, pemimpin Iran Ayatollah Ali Khameinei menyebut konflik ini sebagai perang secara halus.

    Jaringan internet nasional Iran akan dilabeli "Halal" yang ditujukan untuk masyarakat muslim. Jaringan tersebut pertama-tama akan beroperasi secara paralel dengan jaringan internet normal. Pemerintah, bank, dan perusahaan besar tetap bisa mengakses jaringan global.  Iran juga berharap jaringannya bisa menggantikan jaringan internet global di Iran dan negara muslim lainnya.



    Sumber: Tabloid PC Mild

    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN