Senin, 06 Juni 2011

Hutan Penyangga Kehidupan

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2011 adalah "Forest: Nature at Your Service". Sehingga, disesuaikan dengan konteks Indonesia maka tema Hari Lingkungan Hidup Indonesia 2011 adalah "Hutan Penyangga Kehidupan". (Sambutan Menteri Negara Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta, MS).


Hutan merupakan paru-paru dunia yang harus dijaga keberadaannya. Dimana dengan terjaganya hutan bisa membuat serasi, selaras, dan seimbang kehidupan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Terciptanya keseimbangan antara manusia dan makhluk hidup yang lain membuat keberlangsungan hidup mereka terjaga.


Bagaimana tidak hutan ditebang makan akan terancam kehidupan seperti ekosistem tempat berdiamnya flora dan fauna. Gundulnya hutan mengakibatkan kekeringan cadangan air yang merupakan fungsi hutan untuk menyimpan dan menyerap air hujan.


Dengan makin gundulnya hutan, hanya menunggu bencana datang seperti banjir bandang yang telah terjadi di beberapa bulan lalu di wilayah Indonesia.


Memang tepat sekali tema Hari Lingkungan Hidup di Indonesia yaitu "Hutan Penyangga Kehidupan". Kehidupan makhluk hidup terjaga lewat hutan. Air, Flora, Fauna dan lain-lain terhimpun dalam satu ekosistem dan saling membutuhkan. Manusia seharusnya menjaga dan melestarikan, karena hutanlah yang melayani hampir semua kehidupan terutama kepentingan umat manusia.



Hutan Penyangga Kehidupan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: