Rabu, 08 Juni 2011

Arsenal Andalkan Teknologi GPS

Demi mengakhiri enam musim tanpa gelar serta meningkatkan kualitas Arsenal pada musim depan, berbagai cara dilakukan oleh manajemen Arsenal beserta pelatih Arsenal, Arsene Wenger.
Teranyar, Wenger mencoba mengombinasikan teknologi dengan metode kepelatihan yang selama ini telah dipakai. Demi mengetahui kinerja para pemainnya serta memoinitor kondisi fisik pemain, Wenger meminta staf pelatih untuk memasang Global Positioning System (GPS) di tubuh penggawa The Gunners kala melakoni sesi latihan.
Hal itu diungkapkan Chief Executive Arsenal, Ivan Gazidis. "Apa pun akan kami lakukan untuk meningkatkan kinerja tim. Salah satunya penggunaan teknologi GPS. Cara ini merupakan yang pertama kali di Arsenal. Musim ini (2010-2011) kami sempat menggunakannya. Namun secara keseluruhan, kami akan memperkenalkan sistem GPS tersebut dan menggunakannya pada seluruh pemain pada awal musim depan (2011-2012)," ujar Gazidis seperti dikutip Mirror Footbal.
Seperti yang diutarakan Gazidis, alat GPS ini nantinya akan dipasang di rompi yang digunakan Jack Wilshere cs kala melakoni sesi latihan. Dari situ akan didapat catatan pemain dalam melahap seluruh program pelatihan yang diberikan.
Dengan sistem seperti itu, striker Robin van Persie mengaku optimistis mengenai peningkatan performa timnya di musim depan. "Suasana latihan Arsenal dipastikan akan lebih kompetitif. Setiap pemain dipastikan akan berusaha maksimal dalam menjalani sesi latihan. Pasalnya hal itu akan menjadi jawaban status mereka, dimainkan atau tidak," ujar Van Persie.
Mengenai hal itu, striker berkostum 10 itu mengungkapkan cerita unik. "Salah satu pemain Arsenal pernah meminta izin untuk pulang ke rumah dan mengambil peralatan yang tertinggal. Namun dia lupa bahwa masih memakai rompi dengan GPS yang menempel di tubuhnya. Alhasil, tim pelatih bisa melacak semua yang dilakukan selama di rumah. Dan ternyata, pemain tersebut kedapatan tidak mencari sesuatu melainkan duduk di depan komputernya,"kelakar Vab Persie.


Manfaat Lain Penggunaan GPS

Penentuan Starter
Penggunaan GPS juga memberikan gambaran pada Wenger mengenai starting eleven yang akan diturunkan. Pemain dengan kondisi bugar tentu akan memiliki kesempatan diturunkan lebih besar. Hal inilah yang dianggap banyak orang sebagai solusi jitu memperbaiki performa labil yang diperlihatkan penggawa The Gunners musim lalu.
Seperti diketahui, dalam beberapa kesempatan, musim lalu Wenger kerap salah dalam mengambil keputusan menentukan formasi utama. Skipper Cesc Fabregas yang sepanjang musim tak berada dalam kondisi optimal terus dipaksakan untuk bertanding. Alhasil, performa pemain asal Spanyol kerap angin-anginan. Hal serupa juga sempat menimpa pemain andalan lainnya macam Theo Walcott dan Samir Nasri.


Meminimalkan Cedera
GPS akan memberitahukan mengenai kondisi kondisi pemain secara keseluruhan. Hal ini sangat berguna dalam mengantisipasi cedera parah yang akan dialami oleh para pemain. Dengan diagnosis tepat dan penanganan sejak dini, cedera menahun yang dialami Thomas Vermaelen musim lalu dipastikan tak akan lagi terjadi. Arsene Wenger pun tidak akan dibuat pusing lantaran banjir cedera bisa dihindari







sumber: Tabloid Soccer

Arsenal Andalkan Teknologi GPS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

0 komentar: