Selasa, 03 Mei 2011

Lelang Barang Online Lewat eBay


Seorang mahasiswa setelah lulus kuliah pastinya ingin mempraktekkan ilmunya di dunia kerja. Seperti halnya, Pierre Omidyar yang lulus kuliah jurusan Computer Science pada tahun 1988, bekerja sebagai programmer di Claris, yaitu perusahaan pengembang software yang menjadi bagian dari Apple Computer. Walaupun pada akhirnya dia berhenti bekerja, ketika dia mempunyai ide untuk membuat situs pelelangan.

Pierre meluncurkan situs lelang online ini pada tahun 1995 dengan nama eBay. Awalnya situs ini tidak mengambil biaya dari anggotanya. Barang pertama yang terjual dalam situs ini yaitu laser pointer yang telah rusak dengan harga $14,83 melalui system lelang. Pierre berpikir jika laser pointer yang rusak bias dijual, maka barang-barang lain yang baik pun bisa laku.

Pada tahun 1997, eBay menerima suntikan dana US$6,7 juta dari firm Benchmark Capital. Saat itu, sudah hampir 2 juta transaksi pelelangan di eBay. Tahun 1998, situs ini memiliki 500 ribu anggota dengan keuntungan US$4,7 juta. Langkah sukses eBay berlanjut dengan mengakuisisi Paypal pada tahun 2002, sehingga proses transfer dana antar dua individu menjadi lebih mudah. Tahun 2006, eBay juga mengakuisisi Skype, sebuah perusahaan telekomunikasi berbasis internet.

Sekarang ini dengan daftar barang sebanyak 103,6 juta di seluruh dunia dan penambahan daftar barang sebanyak 6,1 juta yang dilakukan setiap hari, eBay menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan menjual di seluruh dunia. Dengan kantor pusat di San Jose, California Amerika Serikat mengusung slogan The World’s Online Marketplace. Situs resmi ebay adalah www.ebay.com dan situs eBay berbahasa Indonesia adalah www.id.ebay.com. Kesuksesan eBay membuat Pierre Omidyar dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Apabila anda bermaksud belanja online melalui eBay, acuan berikut ini dapat digunakan untuk menghindari hal-hal yang merugikan.
  • Seller Feedback, semakin banyak jumlah Positive Feedbacks penjual berarti penjual lebih dapat dipercaya.
  • Handling & Postage Cost, hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena banyak penjual yang menjual produk dengan harga sangat murahtetapi biaya pengirimannya mahal. 
  •  Seller Country of Origin, contoh: produk yang dijual eBay Australia belum tentu dkirim dari Australia walaupun penjual berada di Australia atau penjual bahkan berada di Negara lain tetapi menjual produk mereka di eBay Australia. Apabila produk tersebut dikirim dari luar Australia, kemungkinan biaya kirim ke Australia menjadi lebih mahal dan apabila ada masalah dengan produk tersebut maka biaya pengiriman kembali ke Negara penjual ditanggung oleh pembeli. 
  • Payment Method, Paypal lebih memberikan jaminan keamanan bagi pembeli dibandingkan Direct Deposit. 
  • Product Description & Picture, apabila keterangan mengenai produk tersebut kurang jelas, lebih baik bertanya kepada penjual untuk mendapatkan konfrirmasi sebelum anda membeli. Gambar produk yang ditampilkan kadang belum tentu sesuai dengan produk yang anda beli, misalnya barang yang dijual bekas tetapi penjual menggunakan gambar dari barang yang masih baru. 
  • Return Policy, pembeli perlu mengetahui apakah produk dapat dikembalikan atau ditukar apabila ada masalah dikarenakan eBay juga menjual barang bekas. 
  • Registered Post and Extra Insurance Cover, dengan membayar sedikit lebih mahal untuk biaya pengiriman dengan Registered Post dan Asuransi, keamanan produk selama pengiriman lebih terjamin. Apabila terjadi kerusakan produk pada saat pengiriman dan merupakan kesalahan perusahaan pengirimian, anda dapat mengajukan claim untuk mendapatkan ganti rugi. 
  • Updated Address, pastikan alamat anda di eBay merupakan alamat terbaru sehingga produk yang anda beli dapat sampai ke alamat anda.
Pierre Omidyar

Lelang Barang Online Lewat eBay Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: