BLANTERORBITv102

    Rabu, 06 April 2011
    Ternyata, timnas Indonesia pernah mencicipi Piala Dunia. Kapan? Piala Dunia tahun 1938 di Prancis, timnas yang masih dijajah Belanda membawa nama Hindia Belanda, tetapi FIFA tetap mengakui Indonesia sebagai salah satu peserta Piala Dunia 1938. Di laman resmi FIFA, Indonesia tercatat sebagai salah satu Negara di dunia yang pernah berpartisipasi di ajang sepak bola paling prestisius  di dunia tersebut. Capaian inilah yang merupakan satu-satunya prestasi Indonesia yang didokumentasikan di situs FIFA.

    Dalam keikutsertaannya tahun 1938, Indonesia (Hindia Belanda) hanya menjalankan satu pertandingan, yakni saat berhadapan dengan tim tangguh Hongaria. Dalam pertandingan itu, Indonesia kalah telak 0-6. Di piala dunia tahun 1938, Indonesia bermaterikan campuran pemain lokal, keturunan Tionghoa, dan Belanda. Para pemain yang memperkuat Hindia Belanda, di antaranya adalah penjaga gawang Mo Heng , Sutan Anwar, Achmad Nawir. Saat tampil di piala dunia, bukan Indonesia Raya yang berkumandang, melainkan lagu kebangsaan Belanda. 


    Keikutsertaan di Piala dunia Prancis 1938 merupakan kali terakhir Indonesia tampil di Piala Dunia karena hingga kini tim Garuda selalu gagal masuk putaran Final. Dalam empat kualifikasi piala dunia terakhir, Indonesia bahkan gagal di babak awal kualifikasi.

    Gagal Lolos
    Pada tahun 1958, timnas Indonesia berpeluang lolos ke Piala Dunia yang diadakan di Swedia. Apa alasanya? Alasannya karena Presiden Soekarno pada saat itu anti Israel, sehingga timnas tidak bertanding dengan tim Israel pada pertandingan penentuan bagi timnas. Padahal kalau menang atas Israel timnas Indonesia pasti lolos ke piala dunia.

    Tidak hanya Indonesia, sejumlah Negara lain yang diberi kesempatan oleh FIFA menggantikan Indonesia juga menolak tampil. Tercatat Sudan dan Turki menolak untuk bertanding dengan Israel. Belgia pun menyatakan hal serupa. Di saat FIFA kebingungan mencari lawan yang bersedia tampil dengan Israel, tim papan bawah Eropa, Wales pun menyatakan kesediaannya. Melawan tim papan bawah Eropa ternyata tidak juga member keuntungan bagi Israel. Wales sukses mempermalukan Israel lewat kemenangan kandang-tandang dengan skor masing-masing 2-0. Alhasil Wales pun lolos ke piala dunia Swedia 1958.

    Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938

    sumber:

    Author

    Iqbal Alghifari

    BLOGGER DARI KALIMANTAN SELATAN