Sabtu, 19 Maret 2011

'i' Pada Produk Apple

Penasaran apa maksud dari huruf 'i' pada setiap produk Apple. Steve Jobs pendiri dan CEO Apple menjelaskan pemberian nama dari produk Apple dimulai huruf 'i' seperti iMac, iPad, dan iPhone. Ketika mengeluarkan produk pertamanya yaitu iMac pada tahun 1998, 'i' mewakili kata internet dan 'Mac' mewakili Macintosh. Tapi, Jobs berkata 'i' tidak hanya mewakili kata internet tapi juga bisa berarti individual, yaitu sifat pada komputernya. 

Selain itu banyak pengertian dari huruf 'i' tersebut yaitu informasi, instruksi dan inspirasi. Di dalam bahasa Indonesia, ‘i’ yang memiliki arti ‘saya’ atau ‘aku’ memberikan kesan personal yang dalam dan menunjuk pada jati diri bagi si pemilik produk Apple tersebut. Adanya rasa ‘kedekatan’ dan rasa ‘memiliki’ tersendiri antara si pemilik dan produk Apple yang dimilikinya yang ingin dibangun dari produk Apple ini, dan hal tersebut yang jarang dimiliki oleh produk lainnya.

Berbeda dengan produk Microsoft (Windows) yang selalu memakai kata ‘My’ seperti pada ‘My Document’, dll., yang dalam terjemahannya berarti ‘milik’ yang tidak bisa berdiri sendiri karena harus ada kata yang mengikuti kata ‘My’ tadi, yang bermakna bahwa suatu ketergantungan pada pemiliknya. Dengan demikian, ‘i’ memposisikan dirinya sebagai pelaku subyek yang tidak tergantung & dapat berdiri sendiri, sedangkan “My” memposisikan dirinya sebagai pelaku yang tidak bisa berdiri sendiri & tergantung.

iMac

iPad

iPhone
Berbagai Sumber.

'i' Pada Produk Apple Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

0 komentar: