Kamis, 13 Januari 2011

Amazon.com, Situs Toko Retail Terkenal


Amazon.com merupakan situs penjualan retail terbesar dan terkenal oleh pengguna internet. Semula hanya menjual buku, sekarang merambah dengan menjual barang-barang yaitu CD musik, video tape dan DVD, software, perangkat elektronik, perkakas dapur dan kebun, mainan anak, produk untuk bayi, pakaian, perangkat olahraga, makanan, perhiasan, jam tangan, produk kesehatan dan kecantikan, perangkat musik dan banyak lagi.

Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan di online-kan pada juni 1995. Jeff Bezos menulis sendiri bussiness plan / rencana bisnis perusahaan impiannya ini sewaktu mengendarai mobil dari New York ke Seattle. Jeff sendiri memilih seattle sebagai tempat memulai usaha karena lebih mudah untuk mencari staff IT pada masa itu.

Sebelum bernama dengan Amazon, Jeff Bezos semula menamainya dengan Cadabra, tetapi karena banyak salah dengar dan menganggap namanya Cadaver (mayat/bangkai) maka diganti menjadi Amazon. Nama Amazon pun dipakai dan diilhami dari nama sungai terbesar di dunia di Brazil yaitu Sungai Amazon, yang sekarang terbukti Amazon.com menjadi salah satu situs terbesar.

Kantor Amazon.com yang pertama adalah garasi rumah Bezos. Produk awal yang dijual oleh Amazon.com adalah buku dengan bekerja sama dengan penerbit buku untuk menjual buku tanpa memiliki buku tersebut kepada pemesan. Dalam sebulan saja setelah diluncurkan, Amazon.com berhasil menjual buku ke berbagai penjara Amerika, termasuk ke-45 negara di luar Amerika. Pada bulan September, omset meningkat hingga $20.000 per minggu. Jeff segera mengerahkan rekan-rekannya sebagai tim pengembang untuk situs Amazon.com. sukses Amazon.com sempat menurun hingga titik nol di tahun 2001, ketika terjadi “dot-com bubble burst” dimana banyak situs-situs .com menjadi bangkrut.

Jeff mengatur ulang strategi bisnis Amazon dengan cara merekrut perusahaan lain untuk menjual barangnya melalui Amazon. Berbagai perusahaan besar seperti Targer, Toys R Us dan Old Navy, setuju untuk menjual produk mereka melalui Amazon. Strategi ini berjalan dengan mulus dan menjadikan Amazon sebagai toko retailer online terbesar di seluruh jagad maya.

Dikarenakan keterbatasan modal, Besoz menemui Orang-tua nya untuk mendukungnya memberikan pinjaman. Orang tuanya mendukung dan menginvestasikan $300.000 dari dana pensiun mereka. Nick Hanauer adalah investor pertama yang percaya dengan ide Jeff Bezos dan menginvestasikan uang sebesar $40.000 sebagai modal. Dan ketika amazon.com pertama kali online, tampilan situs ini tidak semenarik sekarang. Situsnya terlihat sangat polos dan tidak menarik bagi kebanyakan orang, dan ketika Tom Alburg tertarik mengivestasikan $100.000 ke amazon.com sangat membantu perusahaan untuk menciptakan situs yang lebih menarik dan kemampuan hosting yang lebih baik.

 Siapa Jeff Bezos?

Jeffrey Preston Bezos atau biasa dikenal Jeff Bezos adalah pendiri, direktur utama, CEO, dan ketua dewan direktur Amazon.com.  Dilahirkan Albuquerque, New Mexico, 12 Januari 1964. Sejak kecil, Bezos sudah memperlihatkan bakatnya di bidang mekanik. Bezos balita pernah mencoba membongkar sendiri tempat tidur miliknya dengan obeng.

Bezos menunjukkan minatnya pada bidang ilmu sejak masih muda. Ia mengutak-utik alarm listrik supaya sang adik tidak masuk ke kamarnya. Garasi orang tua juga dijadikannya laboratorium untuk eksperimen ilmiah. Setelah orang tuanya pindah ke Miami, Florida, Bezos melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas Miami Palmetto. Ketika diterima di Universitas Princeton, Bezos ingin mengambil jurusan fisika, tapi berubah pikiran dan mendalami komputer hingga lulus dengan gelar di bidang ilmu komputer dan teknik listrik.

Setelah lulus dari Princeton, Bezos mendapat pekerjaan di Wall Street yang berhubungan dengan komputer. Jaringan komputer dibangunnya di sebuah gedung yang dijadikan pusat perdagangan internasional oleh perusahaan bernama Fitel. Kemudian dia pindah kerja di Bankers Trust, diamana dia bertanggung jawab untuk mengembangkan system software dana pensiun client mereka. Disana Bezos berhasil menjadi vice president. Selanjutnya Bezos bekerja untuk D. E. Shaw & Co, sebuah perusahaan financial-trading dengan ujung tombak teknologi komputer. David Shaw, pendiri perusahaan D. E. Shaw & Co, adalah ilham buat Bezos. Begitu juga dgn Shaw yang terkesankan dengan kinerja Bezos dan dengan cepat menaikan jabatannya menjadi senior vice president.

Sejak lama Bezos sudah memperhatikan dengan seksama atas peningkatan dramatis pengguna World Wide Web.  Di 1994 saja, laju pertumbuhan tahunan sebesar 2.300%!. Hal ini yang membuat Bezos meninggalkan D. E. Shaw di tahun 1994, memutuskan membangun dan menjalankan perusahaan miliknya sendiri, yang dimuali di garasi rumahnya..

Bezos memulai penelitiannya dengan membuat top 20 mail-order companies (pengguna jasa pos). Hasil pengamatannya menunjukan bahwa tidak ada pemesanan mail-order dari perusahaan dikarenakan katalog jasa pos yang lengkap akan sangat panjang dan membutuhkan banyak halaman dimana harga percetakan menjadi mahal. Bezos memutuskan bahwa perusahaan yang berbasis di Internet akan mempunyai kemampuan untuk menawarkan seleksi barang cetakan yang lebih luas kepada konsumen. Katalog buku adalah pilihan pertamanya, karena selain mudah di upload di Internet, hanya dengan bermodalkan katalog buku, dia sudah bisa menjual buku tanpa harus memiliki buku tersebut terlebih dulu.

Ketika Bezos memberi tahu Shaw (mantan bosnya yang juga sebagai sumber ilhanya) bahwa dia akan meluncurkan perusahaan buku online, Shaw menasehatinya untuk mempertimbangkan kembali. Tetapi Bezos tetap menjalakan bisnisnya. Dengan berbekal pengalamannya sebagai programmer, Jeff menuliskan sendiri kode-kode program untuk aplikasi online shopping-nya dan kemudian meminta 300 orang temannya untuk menguji coba situs tersebut sebelum resmi diluncurkan.

Sebagian besar kekayaan Bezos berasal dari kepemilikan saham di Amazon.com. Pada tahun 1998, Bezos memiliki 41 persen saham Amazon.com, tapi jumlahnya berkurang menjadi tinggal 24,26 persen (sekitar 100 juta lembar saham) pada tahun 2006. Gajinya tidak pernah naik sejak tahun 1998, besarnya AS$81.840 per tahun ditambah tunjangan sebesar AS$1,1 juta. Walaupun demikian, Bezos masih masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia.
·  1999 – AS$10,1 miliar, peringkat 19
·  2000 – AS$6,0 miliar, peringkat 23
·  2001 – AS$2,0 miliar, peringkat 234
·  2002 – AS$1,5 miliar, peringkat 293
·  2003 – AS$2,5 miliar, peringkat 147
·  2004 – AS$5,1 miliar, peringkat 82
·  2005 – AS$4,8 miliar, peringkat 41
·  2006 – AS$4,3 miliar, peringkat 147
·  2007 – AS$8,7 miliar, peringkat 35

Salah satu kehebatan Bezos dalam memimpin karyawannya adalah: “Orang di sini suka untuk menciptakan, dan akibatnya orang lain yang suka untuk menciptakan ditarik untuk bekerja di sini. Dan orang yang tidak suka untuk menciptakan tak akan merasa enak bekerja di sini.” Kata Bezos.  Oleh sebab itu, untuk mendorong ide baru untuk perusahaan, Bezos membuat Just Do It program, dimana bagi semua karyawannya untuk alasan menolong perusahaan diperbolehkan tanpa terlebih dulu meminta  izin kepada atasan mereka.

Keberhasilan Jeff Bezos dengan Amazon.com membuat dia terpilih sebagai Person of the Year oleh majalah TIME tahun 1999.

sumber: www.wikipedia.com
                Tabloid PC Mild

Amazon.com, Situs Toko Retail Terkenal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari

0 komentar: