Senin, 29 November 2010

Ketua KPK Baru

Akhirnya setelah sekian lama terpilih Ketua KPK baru menggantikan Antasari Azhar yang menjadi tersangka yaitu Busyro Muqoddas. Busyro Muqoddas terpilih sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Indonesia, setelah melalui proses pemungutan suara di Dewan Perwakilan Rakyat mengalahkan calon lainnya, yakni Bambang Widjojanto. Dia kemudian juga terpilih sebagai Ketua KPK mengalahkan Bibit Samad Riyanto dan M Jasin.

M. Busyro Muqoddas, S.H, M.Hum (lahir di Yogyakarta, 17 Juli 1952; umur 58 tahun), sebelum menjabat ketua KPK Busyro merupakan ketua merangkap anggota Komisi Yudisial RI periode 2005-2010. Dia mengawali karier di bidang hukum pada 1983 sebagai Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Dia sudah malang melintang di dunia hukum. Antara lain sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (1986-1988), dilanjutkan sebagai sebagai pembantu Dekan I Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia hingga tahun 1990. Pada tahun 1995-1998 dia menjabat sebagai Ketua Pusdiklat dan LKBH Laboratorium Fakultas Hukum UII. 

Sementara itu, pria lulusan S2 gelar Magister Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada tahun 1995 ini, dulu aktif dalam kegiatan organisasi kampus misalnya sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Islam. Pada 1999, sebagai dekan fakultas hukum UII, dia menjadi delegator dekan-dekan Fakultas Hukum se-Daerah Istimewa Yogyakarta Ke DPR RI untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran tentang RUU Penanggulangan Keadaan Bahaya. Busyro juga pernah menjadi anggota Dewan Kode Etik IKADIN Yogyakarta (1998-2000) dan juga anggota Dewan Etik ICM Yogyakarta (2000-2005). 

Pria yang gemar membaca buku dan berolahraga ini pernah menulis beberapa karya ilmiahnya, yaitu sebagai penyunting buku "Politik Pembangunan Hukum Nasional" dan "Kekerasan Politik yang Over Acting". Serta anggota tim riset konflik Maluku dan Tim Penulis buku "Peran Polisi dalam Konflik Sosial Politik Di Indonesia".
  Sumber: www.okezone.com, www.wikipedia.com, www.republika.com
  

Ketua KPK Baru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien

0 komentar: